Manfaat Internet

Teknologi komputer dan jaringan menjadikan salah satu peran terepenting dalam dunia maya, setelah berabad - abad lamanya hadir dan  tercipta sebuah komputer dari generasi ke genarasi yang lebih modern hingga memunculkan banyak produk - produk perangkat lunak komputer dan berbagai perangkat android, gadget tablet bermacam jenis dan mereknya tidak terhitung lagi, semua di sesuaikan dengan masing - masing kualitas dan harganya, semakin tinggi kualitas produk tersebut maka akan semakin tinggi harganya.

Komputerpun menjadi jasa yang tiada batasnya karena dengan adanya komputer maka terciptalah sebuah jaringan internet canggih dan yang dapat menjaring banyak pengguna di berbagai belahan dunia, tidak hanya di negara/benua amerika, bahkan samapai saat ini sudah banyak perkembangannya meningkat pesat menuju Benua Asia, termasuk indonesia, singapura, jepang, korea selatan, hongkong dan masih banyak lagi, dengan adanya akses internet maka banyak sekali manfaat dan keuntungannya.

Tanpa kita sadari ternyata banyak sekali yang bisa kita lakukan di internet, dan berikut ini beberapa hal yang dapat di lakukan sebagai keuntungan internet:

A.     Berkirim e-mail
Kita dapat mengirim electronic mail (e-mail) ke orang lain dimana saja dan kapan saja asalkan mereka memiliki akses internet. Dengan berkembangnya web browser maka berkembang fasilitas untuk mengakses e-mail melalui web browser (Web-based Mail), misalnya yahoo mail, Hotmail, biotropmail (mail.biotrop.org), google mail dan sebagainya. Berkaitan dengan e-mail ini ada fasilitas yang disebut Mailing List (milis), yaitu sebuah program yang dapat menyebarkan e-mail dari seseorang anggota milis kepada seluruh anggota milis tersebut, bahkan jumlah pesan email yang bisa kita kirimkan dapat mencapai ribuan secara cepat dan mudah. Milis terbentuk karena ada sekumpulan orang yang berlatar belakang sama, mempunyai hobi /minat yang sama. Contoh milis gratis adalah yahoo groups (www.yahoo.com)

B.      Mengakses Informasi
Internet adalah media gudang informasi, dengan demikian salah satu hal dasar yang dapat kita lakukan adalah mengakses informasi, kita bisa mendapatkan informasi apa saja dan informasi dapat berupa teks, gambar, suara, video maupun file – file komputer. Untuk membantu mendapatkan informasi ini telah tersedia situs – situs web yang berfungsi sebagai mesin pencari (Search Engine) yang memudahkan pengguna untuk mencari subjek tertentu di jaringan internet.

C.      Download dan Upload File
Kita dapat mengambil file dari komputer lain dengan cara mendownload/mengunduh  file tersebut secara online atau mengirimkan file ke komputer lain dengan cara mengupload/mempublish file, misalnya kita membutuhkan program antivirus terbaru, maka kita cukup mengakses situs web (Website) yang menyediakan program – program antivirus seperti antivirus berbayar dan juga yang gratis: McAffee, Symantec, Kaspersky, Avira, Avast, Node Antivirus dan berbagai software lain yang bisa di download secara gratis (shareware/freeware) ataupun kita harus membayarnya terlebih dahulu bila ingin mendownload antivirus tersebut.

D.     Mengobrol dengan Orang Lain (Chatting)
Satu fasilitas yang menyenangkan di internet adalah mengobrol, berbicara secara langsung bertatap muka maupun tanpa bertatap muka sebutan populernya adalah Chatting. Mengobrol di internet tidak menggunakan suara, tetapi dengan mengetik kata – kata saling bertanya dan membalas satu sama lain. Chatting bisa sangat menyenangkan apabila banyak orang yang tergabung dalam suatu diskusi. Fasilitas untuk chatting misalnya Yahoo Messenger, Mirc, ICQ dan sebagainya. Selain itu juga tersedia fasilitas internet phone yang memungkinkan kita berbicara (seperti halnya telepon) dengan orang lain di seluruh dunia melalui internet dan juga video conference, dimana kita dapat bertatap muka dengan orang lain di seluruh dunia. Keuntungan dari internet phone dan video conference adalah biayanya murah karena pulsa telepon yang kita tanggung hanyalah pulsa local.

E.      Bermain Game
Melalui internet kita juga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk bermain game beradu dengan orang lain, mengikuti kontes dan mendapatkan penghasilan uang dari hasil game tersebut dan berbagai macam jensi game lainnya.

F.       Belajar Membuat Blog/Website
Dengan layanan internet maka kitapun bisa menjadi lebih beruntung karena selain dapat bermain game kita juga bisa mencari banyak informasi tentang bagaimana cara membangun sebuah halam blog atau menciptakan sebuah website pribadi, toko online bahakan website untuk perusahaan.

G.     Berbagai Tips, Tutorial Membantu Orang Lain
Bukan saja dengan internet kita bisa mengirim pesan elektronik dan melakukan chatting, namun selain itu kita bisa memanfaatkan dengan hal yang sangat positif yaitu dengan cara seperti: menulis artikel, membuat tips dan tutorial untuk mempublikasikan dan membagikan ilmu pengetahuan kita kepada orang  -orang yang masih membutuhkan.
H.     Promosi Konten
Dengan adanya akses internet dan semakin berkembangnya dunia teknologi komputer maka kitapun juga dapat mengiklankan atau mempromosikan beberapa hasil karya kita seperti artikel, video dan bahkan apa saja yang bisa di tawarkan ke banyak pengunjung di seluruh dunia dengan lebih mudah dan cepat.

I.        Bisnis Online
Setelah kita mengetahui beberapa tips dan cara menggunakan internet semakin kedepan tentunya kita akan lebih banyak informasi yang lebih bernilai tinggi, salah satu yang bisa kita manfaatkan seperti “Bisnis Online” dalam hal ini yang di namakan dengan bisnis online sangat beragam jenisnya, kita mengambil contoh saja hal yang sudah sangat populer, seperti berjualan produk, memasarkan barang – barang lain, menawarkan konten, mengikuti program make money di internet secara gratis dan juga ada yang berbayar.

J.        Pendidikan IT Sekuritas/Pengujian Sistem Website
Hal yang mungkin cukup menarik dan masih sangat di minati bagi seorang penggiat Internet dan Penggiat IT yaitu seringnya mengikuti perkembangan jaman, mulai dari kepopuleran trending konten, berita – berita teknologi terkini, mengikuti ilmu pengetahuan secara rutin, dan aktif mengikuti trending teknologi google sistem, contohnya bila kita sering mengamati tentang tingkat keamanan sistem daripada google dan mesin pencari lain biasanya orang yang seperti itu bisa dikatakan sebagai seorang, analisis keamanan sistem, hacker, defacer, bahkan pengembang bahasa program atau apa saja yang berhubungan dengan penggiat kerentanan keamanan sistem, orang yang gemar melakukan seperti itu  sering kali menemukan kerentanan/bugs didalam sistem google termasuk sistem di mesin – mesin pencari/situs lainnya.

Demikian beberapa hal yang memungkinkan kita untuk dapat memanfaatkan sebaik mungkin dengan adanya fasilitas internet kita menjadi salah satu orang yang sangat beruntung sekali dan bisa mencari berbagai macam informasi penting, membangun karya, membantu orang lain, membuka lapangan pekerjaan, dan menghasilkan uang secara online dengan lebih mudah.
Artikel yang saya tuliskan ini didasarkan beberapa pengalaman pribadi dan juga hasil bertukar pikir bersama dengan teman – teman saya, semoga apa yang saya berikan ini dapat di manfaatkan sebaik mungkin bagi anda, teruslah belajar dan teruslah menambahkan wawasan anda, karena semakin banyak anda membaca akan menjadikan anda lebih baik dan diri anda akan bisa lebih semangat dalam menjalankan segala hal.

Senang rasanya saya berbagi pengetahuan bersama anda, apabila anda merasa senang dengan postingan - postingan, artikel ini mohon beri kami dukungan dan jika anda masih tertarik dan ingin membaca kembali mengenai artikel tentang ilmu pengetahuan dan pendidikan lainnya atau membuka postingan sebelumnya, silakan anda bisa menuju link / tautan yang saya berikan di bawah ini.

Istilah-istilah dalam Program Internet