Recent Post

Cara Meningkatkan Seo Website Bagi Pemula

Pernah mendengar istilah SEO Web site? Atau optimasi dan pengoptimalan Seo? Kenapa SEO sangat penting khususnya bagi kamu yang memiliki web atau blog? 4 cara menambah SEO web ini akan memberi informasi terkait dengan cara meningkatkan seo website.



SEO atau kependekan dari Search Engine Optimization adalah suatu upaya yang ditempuh untuk mengoptimalkan suatu situs atau blog agar dapat mendapatkan hasil peringkat teratas saat dikerjakan pencarian di browser dengan beberapa kata kunci yang menguntungkan. Nah, untuk itu kami akan membahas tentang cara meningkatkan seo website.

Cara Meningkatkan Seo Website Bagi Pemula

 

Langkah-Langkah Memulai Optimasi SEO

Mengingat pentingnya cara menaikkan SEO Situs bagi keberlangsungan website atau blog kamu dimasa depan, pada postingan kali ini kami akan memberi tips dasar tapi penting yang harus diperhatikan bagi pemula terkait dengan Seo. Berikut diantaranya;

1. Keyword

Cara untuk meningkatkan SEO Web dengan riset keyword mungkin sering diabaikan oleh beberapa orang karena mereka menganggap quantitas artikel adalah segalanya, tetapi kenyataannya artikel yang ditulis secara panjang lebar tanpa penargetan keyword yang tepat tidak kemungkinan bisa maksimal.

Lakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis artikel dengan mencari keyword apa saja yang relevan dan disesuaikan sasaran pembaca. Cobalah untuk mencari keyword dengan mempertimbangkan volume pencarian, taraf kesulitan keyword, saran keyword turunan, dan juga maksud dari kata kunci yang kamu riset tersebut (Apakah memiliki kandungan usaha atau sekedar informasi)

Kamu bisa memasukkan beberapa keyword yang relevan atau frasa keyword ke dalam konten yang sesuai dengan keyword utama. Hal ini akan membantu mesin pencari jelas keyword utama dan memberi peringkat halaman dengan beberapa kata kunci sekaligus

Rekomendasi tools terbaik untuk riset keyword adalah semrush, ahrefs , ubbersuggest, keywordrevealer, keyword everywhere dsb. Tidak ada gunanya menulis banyak artikel hanya mengandalkan bisikan hati semata karena kamu tidak akan studi bagaimana menargetkan audiens yang tepat untuk konten kamu nantinya

2. Internal Link

Internal link juga perlu mendapat perhatian sebagai salah satu cara menambah SEO Situs. Dalam optimasi SEO keberadaan internal link sangat penting untuk menghubungkan antara satu halaman dengan halaman lain yang masih di dalam satu website

Secara algoritma, mesin pencari google atau biasa disebut Botspider bekerja seperti keuntungan-keuntungan dengan marayap dari satu halaman ke halaman yang lain lewat tautan link, oleh dikarenakan itu jika kamu menghubungkan halaman dengan internal link maka halaman lain bisa langsung terangkat peringkatnya.

Yang perlu kamu ketahui bahwa pemanfaatan internal link haruslah relevan, artinya jangan menghubungkan halaman yang tidak berkenaan satu dengan yang lainnya karena hal itu, justru dapat menyebabkan hukuman pelanggaran berupa inbound unnaturally link.

Kamu membuat pembaca tetap berada dihalaman web site , menambah durasi kunjungan, mengalirkan pembaca ke halaman lain secara natural untuk menaikkan trafic dengan mengaitkan satu konten dengan konten lain yang masih berhubungan. Internal link yang baik berisi anchor text yang relevan , apalagi ketika kamu menggunakan attribut nofollow karena tidak ingin mengalirkan otoritas sangat banyak.

3. Konten yang Menarik

Apa cara yang paling utama untuk menambah SEO Situs kamu? backlink? bukan! Jawabannya adalah Konten! Di dalam hal ini konten yang menarik, lengkap, dan tidak membosankan,  agar orang-orang tertarik untuk membaca konten web kamu secara total. Mencari jawaban yang lengkap dan bisa memuaskan keingintahuan pembaca adalah alasan mereka mengunjungi web kamu.

Cobalah untuk memberi tambahan beberapa item seperti gambar, infografik, video agar pembaca tidak merasa bosan dengan konten kamu. Pun mesin pencari punya kesamaan untuk merekomendasikan website dengan konten yang lebih lengkap.  Ingat bahwa pembaca yang bahagia dengan konten web site kamu sangat bisa saja akan berkunjung datang kembali (Return visitor) atau membagikan lewat tautan (Sosial share)

Dengan beberapa parameter, google tau apakah pembaca menyukai konten kamu atau tidak. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu jadikan acuan pribadi untuk menilai seberapa baik konten kamu dimata pembaca:

  • Time visit length, durasi kunjungan alias seberapa lama pengunjung mengakses artikel kamu.. jika kurang dari 1 menit, mungkin mereka pergi karena menganggap konten yang mereka buat tidak disesuaikan dengan keperluan
  • Bounce rate , takaran yang menghitung rata-rata pengunjung mengakses halaman kamu sebelum mereka pergi. Jika skornya di atas 80Persen berarti konten kamu terlihat buruk dimata pembaca
  • Return visitor, kadar berkunjungnya kembali visitor yang sebelumnya dulu mengunjungi situs kamu. Jika skor return visitor kurang dari 10Prosen berarti konten kamu mirip sekali tidak menarik perhatian mereka untuk singgah kembali
  • Sosial share counter, Ingin tau seberapa populernya web site kamu disosial media (Twitter , pinterest , linkedin, facebook dll) ? gunakan layanan https://www.sharedcount.com. Layanan tersebut akan melacak jumlah keseluruhan url share, like, comment dan reaction
  • Amati komentar pembaca. Blog dengan ribuan visitor aktif setiap hari dan disukai oleh pembaca cenderung punyai lebih banyak komentar positif dari feedback orang-orang yang menyukai konten kamu waktu jika sebagian besar komentar bersifat negatif perlu adanya perbaikan disana-sini untuk tingkatkan pengalaman pembaca

4. Tampilan Mobile

Saat ini, banyak pengguna internet yang sudah beralih dari PC atau laptop ke perangkat yang lebih praktis seperti mobile untuk mengunjungi situs atau blog. Tidak hanya lebih mudah dan ringkas, smartphone juga terkesan praktis dan hampir setiap orang di muka bumi ini miliki smartphone pribadi

Coba lihat detail visitor kamu, dari perangkat mana kebanyakan mereka terhubung website , saya percaya sebagian besar berasal dari mobile bukan dekstop. Coba browsing-browsing di internet berkenaan perbandingan jumlah pengguna internet mobile lawan dekstop maka sebagian besar mobile lah yang menang.

Salah satunya menurut data statcounter statistik pemakaian internet pangsa pasar mobile 52 Persen , dekstop 43 Persen, jadi penting untuk mengoptimalkan tampilan web dihalaman seluler jumlah pengguna internet menurut perangkat.

Untuk beradaptasi dengan pertumbuhan teknologi maka kamu harus menjalankan optimasi situs dengan menekankan versi mobile. Bahkan saat ini Google sudah laksanakan index mobile-first yakni suatu cara google laksanakan crawl atau indeksasi yang lebih utamakan tampilan web versi mobile untuk menentukan peringkat di dalam pencarian seluler.

Bagaimana cara mengoptimalkan web site diperangkat mobile? Pilihlah tema web site yang responsif , fast loading dan mudah di akses, lakukan cek di Google’S mobile friendliness test dengan memasukkan URL web kamu.

Kamu akan menyadari dengan performa web site kamu tersebut jika diakses dengan menggunakan perangkat mobile atau smartphone. Adopsi AMP (Halaman yang disempurnakan untuk versi mobile) meskipun sifatnya opsional tetapi sangat di anjurkan. Sekarang Kamu bisa mengamati sebagian besar website besar dan populer udah mengaktifkan AMP di web site mereka.

Demikianlah, beberapa ulasan yang membahas tentang cara meningkatkan seo website dengan 4 cara diatas Kamu bisa menerapkannya.

0 Komentar