Cara Mencari Arah Qiblat Tanpa Kompas dan Aplikasi

Kiblat adalah petunjuk arah solat yang tepat dan sekaligus sebagai panduan umat muslim di seluruh dunia untuk  melakukan aktifitas dalam menjalankan ibadah, misalnya jika orang akan melakukan sembayang atau solat lima waktu di mushola, masjid, di rumah atau bahkan di tempat-tempat yang jauh dari masjid dan rumah kita.

Cara Mencari Arah Qiblat Tanpa

Bagaimana jika kita berada di Pegunungan atau Gurun Pasir ?

hehehhehe, wakwakkkkwakkkkk....rasanya kalau di gurun pasir tidak ada kehidupan tentunya kita jauh dari air, sinyal hp dan sulit untuk menemukan bahan untuk komunikasi dengan orang - orang, ini hanya sebagai contoh saja, tetapi saya pikir jarang sekali kita berada di sebuah gurun, lain halnya jika orang asli penduduk arab dan sekitarnya tentunya itu sudah wajar.

Ini hanya sebagai contoh jika anda bepergian jauh dari rumah, sulit menemukan tempat ibadah, lalu anda kehilangan arloji/jam, tidak memiliki kompas dan dan alat penunjuk sewajarnya, tetapi jika kondisi masih memungkinkan, daerah yang anda jangkau masih memiliki ruang sinyal Handphone, sinyal internet dan sebagainya, dan anda kebetulan masih membawa peralatan perang seperti Laptop, notebook dan tablet, anda bisa mencoba dengan cara di bawah ini.

Panduan ini sebagai petunjuk bagaimana caranya mencari arah qiblat yang mudah dan cepat sehingga anda tidak perlu bersusah payah mencari orang - orang di sekitar hanya untuk mengetahui keberadaan dimana arah qiblat...?

Baiklah berikut kami beri sedikit panduan mencari arah qiblat dengan beberapa tutorial gambar yang mungkin akan membantu anda.

Langkah Pertama:
  • Silakan buka handphone, tablet atau laptop anda dan hidupkan dan aktifkan Free Wi-Fi Hotspot ponsel Anda sebagai wireless untuk koneksi pada android ataupun di notebook anda.
  • Kemudian buka browser google chrome, firefox, opera atau terserah anda yang penting dapat membuka internet.
  • Lalu pergi dan buka situs ini: Google Qiblat Tools (atau anda juga bisa mengetikkan dengan keyword: Google Qiblat Tools)

  • Setelah terbuka silakan klik dan tekan tombol bertuliskan Jom, tunggu sampai terbuka

Kiblat adalah petunjuk arah solat

  • Langkah selanjutnya pada kolom pencarian, atau search box...tuliskan dimana lokasi anda berada (tuliskan jalan/alamat lokasi anda).
Kiblat adalah petunjuk arah solat

  • Jika anda bingung mengenai dimana lokasi anda sebenarnya, jangan panik sobat anda bisa menggunakan alat bantu sehingga anda tidak repot, buka kembali browser dan pergi ke situs ini, Check Lokasi Online, gunakan situs tersebut untuk mendeteksi lokasi anda yang sebernarnya, 

  • Penggunaan cukup mudah, anda hanya membuka situs tersebut maka situs tersebut akan secara otomatis bekerja mencari lokasi yang akurat untuk anda, dalam beberapa detik jika koneksi anda tidak bermasalah maka anda akan melihat keterangan lengkap seperti, jalan, nilai lintang/ longitude dan latitude dan IP address anda.



  • Jika sudah tekan enter atau tekan tulisan kongsi, tunggu sampai terbuka, tidak lama kemudian anda akan melihat arah Qiblat yang sebenarnya.

  • Jika anda ingin melihat icon atau tanda lokasi QIBLAT atau lokasi negara Arab Saudi, silakan anda tekan pada icon biru dekat tulisan Afrika sebelah kanan/samping kanan, tidak lama kemudian anda akan di perlihatkan lokasi qiblat tersebut.


Maka hasilnya akan terlihat seperti ini, lokasi dan icon Qiblat serta lokasi Negara Arab akan terlihat


cara mencari arah kiblat
 




Demikianlah sobat gretpir itulah sedikit tips dan panduan sederhana bagaimana caranya mencari arah Qiblat dengan mudah dan cepat, silakan mencoba untuk praktek sendiri dirumah. Masih banyak Ilmu Internet dan ilmu pengetahuan lainnya yang mungkin lebih menarik yang bisa kalian dapatkan dimanapun dan kapan saja, asalkan kita rajin dan ada keinginan untuk terus belajar. semoga apa yang kami tuliskan dapat bermanfaat bagi anda semuanya, terus berkarya dan tetap semangat, empat sehat lima sempurna...sempat tidak sempat anda harus mencoba, terima kasih.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak