Istilah-istilah dalam Program Internet

Tahun demi tahun semakin maju dan tentunya teknologi komputer terus berkembang, apalagi yang namanya internet pada saat ini sudah menjadi bagian kebutuhan terpenting dalam menginspirasi dan mengaspirasikan banyak karya seperti: konten artikel, berita media masa, surat kabar elektronik, chatting online, bahkan menjadi tempat media viral untuk memudahkan mempublikasikan karya video dan itu sudah semakin berkembang pesat menjadi ladang sumber mencipatkan dan melahirkan bibit seniman konten yang bisa menghasilkan uang secara online dengan lebih mudah.

Sebagai Modal Dasar Ilmu Pengetahuan Bagi Peselancar Awam/Pemula

Orang yang jarang menggunakan internet bukan berarti tidak bisa menggunakan dan mengetahui caranya bagaimana cara membuka dan menggunakannya, namun bisa saja karena mungkin adanya beberapa kesibukan aktifitas utamanya sehingga tidak memiliki waktu sama sekali, tetapi rasanya mungkin sedikit aneh karena di jaman era globalisasi ini teknologi tentunya sudah berjalan meningkat lebih modern dan hampir sebagian besar meskipun pekerjaan tidak menggunakan internet namun kita kita tidak bisa membohongi kenyataan pada akhirnya dengan hadirnya perangkat seperti: android, tablet dan gadget itu sudah menunjukkan bahwa para pengguna android tersebut mereka membuka program tersebut dan tetap saja sudah terhubung dengan akses internet melalui perangkat device android, hanya saja mungkin bagi pemula atau pengguna awam tidak begitu banyak mengetahui secara mendalam tentang penggunaan internet secara baik dan benar.

Karena jaman semakin meningkat dan berkembang diawali dengan aktifitas internet melalui berbagai sosial media seperti: facebook, twitter, instagram, linkedin, whatsapp dan sebagainya, maka selanjutnya pengguna juga sering membuka aplikasi seperti youtube yang di mudahkan sebagai fasilitas tambahan untuk dapat menikmati sebuah tontonan video langsung dan pengguna akun google juga di beri hak akses untuk  bisa mempublikasikan karya videonya sendiri, dan tanpa disadari seiring berjalannya waktu pengguna androidpun mulai menampakkan, memperlihatkan aktifitas kemajuannya dengan dimulai pencarian, browshing internet di berbagai media situs menggunakan aplikasi mesin peramban, sehingga dari situlah mereka mulai mendapatkan banyak cara, tips, dan teknik – teknik dasar dalam berinternet.

Sebagai seorang pengguna internet mungkin bagi seorang pemula dan juga yang masih awam masih belum mengetahui tata cara dan bermain internet yang baik dan aman dan apa saja istilah – istilah dalam program internet yang mungkin harus kita pahami, sehingga sedikit kita mengetahuinya akan lebih baik untuk menjadikan kita sebagai seorang peselancar yang baik di masa mendatang.
Berikut beberapa hal penting tentang istilah – istilah dasar yang harus di ketahui dalam menjalankan program internet, antar lain:

A.     Modem
Modem adalah singakatan dari modulation Demodulation, yang mempunyai arti adalah suatu alat untuk dapat mentransfer dari data komputer yang satu ke komputer yang lain.
Modem terbagi menjadi dua yaitu:
1.      Modem internal yaitu modem yang ditancapkan /ditempatkan dalam CPU Komputer, dan biasanya berupa card
2.      Modem eksternal yaitu modem yang letaknya/ditempatkan di luar Komputer dengan menggunakan kabel untuk menghubungkannya ke komputer.

B.      ISP (Internet Service Provider)
ISP atau disebut juga Internet Service Provider adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa internet, misalnya IndoNet, MetgaNet, TelkomNet, dan sebagainya. Untuk mendaftarkan diri ke ISP, ada yang dipungut biaya per bulannya da nada pula yang gratis, seperti Telkomnet dan Melsa Isp yang pernah menyediakan fasilitas internet wifi hostpot gratis di area – area umum seperti taman, mall dan tempat –tempat umum lainnya.

C.      Browser (Web Browser)
Browser atau Web Browser adalah suatu program atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet atau suatu program yang digunakan untuk mengakses internet atau disebut juga dengan Web Browser. Misalnya program internet Explorer, Netscape Navigator dan lain sebagainya.

D.     Word Wide Web (WEB)
Word Wide Web (WEB) adalah bagian terpenting dari multimedia internet yang terdiri dari jutaan hingga milyaran Web (Web Page)

E.      HTML (Huypertext Markup Language)
HTML (Huypertext Markup language) adalah sebuah bahasa pemrograman internet yang digunakan untuk membuat halaman Web (Web Page) atau sejenis HTML lainnya yaitu disebut juga java.

F.       E-mail (Elektronic Mail)
E-mail (electronic mail) adalah proses surat menyurat yang dilakukan oleh para pengguna internet/komputer melalui internet baik itu berupa teks atau file atau disebut juga surat elektronik. Perangkat lunak untuk melakukan surat menyurat misalnya Netscape Messengger, Outlook Express, Googel Mail, Yahoo Mail, Yandex Mail dan lain sebagainya.

G.     Outlook Express
Outlook Express adalah sebuah program yang digunakan untuk menerima dan mengirim E-mail. Selain itu program ini juga dapat digunakan program Microsoft Exchange.

H.     Chatting
Chatting adalah suatu feature dalam internet yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan sesame pemakai internet yang sedang on-line (sedang mengudara/menjalankan program internet).


Bagi yang sudah terbiasa mungkin sudah sering mendengar tentang istilah – istilah seperti diatas yang saya sebutkan, tetapi bagi kalangan awam atau pemula mungkin saja masih jarang terdengar dan itu semua kemungkinan karena tidak seringnya membaca informasi dan kurang mengikuti perkembangan dunia internet dan hanya membuka bagian – bagian yang hanya disukai saja, meski demikian anda mungkin perlu mengetahuinya sebagai ilmu pengetahuan agar anda lebih paham tentang dasar berinternet dan tentunya anda akan menjadi lebih semangat dalam berselancar di internet.

Apabila anda merasa senang dengan postingan - postingan, artikel ini mohon beri kami dukungan dan jika anda masih tertarik dan ingin membaca kembali mengenai artikel tentang Optimasi, SEO lainnya atau membuka postingan sebelumnya, silakan anda bisa menuju link / tautan yang saya berikan di bawah ini.

SEO
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak