Pengertian Internet

Mencakup banyak hal dan disesuaikan dengan masing – masing tujuan dan kebutuhan tetapi pada umumnya memiliki arti yang sederhana dimana adanya sebuah jaringan komputer atau perangkat lunak dan bertemunya perangkat komputer lain yang bisa membangun serta bertukar pikiran, sehingga akan menghasilkan beberapa informasi yang bisa di sampaikan atau di teruskan kepada komputer berikutnya, pengguna atau manusia yang dapat menikmatinya  di dalam Microsoft PowerPoint

Arti Internet

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini sangat pesat, salah satu teknologi informasi yang saat ini kehadirannya sangat diperlukan untuk menunjang era globalisasi ini adalah “Internet”. Kehadiran internet telah menyentuh berbagai kehidupan manusia, mulai dunia bisnis, kedokteran, penelitian, pendidikan, tukan – menukar informasi bahkan mengirimkan file dalam jumlah besarpun relatif mudah dilakukan.

Sejalan dengan berkembangnya teknologi internet, dalam waktu relatif singkat di Indonesia, atau ASIA telah bermunculan berbagai penyedia jasa internet (Internet Service Provider, ISP). Walaupun pada awalnya provider – provider tersebut hadir di Jakarta ( Ibu Kota Indonesia), tetapi kini sudah banyak terdapat di kota – kota lain di seluruh Indonesia dan negara Asia lainnya.

Bahkan pada saat ini layanan jasa internet telah dapat dinikmati di seluruh propinsi di Indonesia, hal ini dimungkinkan dengan hadirnya provider BUMN ( Badan Usaha Milik Negara) milik Deparpostel, yaitu WasantaraNET dan TelkomNET milik PT TELKOM Indonesia yang menjanjikan layanan komunikasi global dengan biaya murah dan dengan jangkauan yang memuaskan. Jadi saat ini kita tidak kesulitan mencari penyedia jasa internet yang dekat dengan tempat tinggal kita, apalagi saat ini di Indonesia selain perusahaan internet Telkom telah hadir banyak perusahaan jasa internet seperti: Firstmedia, MCN Play Media, Biznetworks/Biznet Home, Melsa ISP, CBN, Megavision, PT Centrin Onlinte Prima, Fashindo, dan kembali muncul terbaru yaitu MYRepublic ISP, dan masih banyak lagi selain itu.

Jadi Apa itu Internet ?

Internet mempunyai banyak definisi, tergantung dari sudut pandang mana kita memandangnya, misalnya:
Dari sudut teknis internet adalah jaringan komputer yang meliputi jutaan komputer, komputer  - komputer tersebut bisa saling bertukar informasi.
Dari segi ilmu pengetahuan internet adalah sebuah perpustakaan besar ( virtual library = perpustakaan maya) yang di dalamnya terdapat jutaa, bahkan milyaran artikel, buku, jurnal, kliping, foto, video dan lain – lain dalam bentuk media elektronik .

Orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja, bagi yang suka berbelanja, internet merupakan shopping centre terbesar di dunia. Kita dapat belanja dimana saja dan apa saja dengan fasilitas mudah dan sangat cepat menggunakan kartu kredit ataupun dengan rekening online seperti paypal, fast money dan lainnya. Jadi internet adalah sebuah jaringan dunia luas dari komputer, yang lazim disebut dengan “Worlwide Network”. Secara singkat dapat diartikan bahwa internet adalah sumber informasi dan alat komunikasi.

Demikianlah artikel kecil sederhana tentang gambaran yang menjelaskan apa itu Internet dan semoga apa yang saya tuliskan bermanfaat bagi diri anda, teman maupun saudara anda. Dengan sedikit mengetahui setidaknya anda sudah memahami saat anda ingin beraktifitas memulai pencarian di beberapa situs yang teman – teman tuju, semakin banyak membaca akan semakin menambah ilmu pengetahuan, terima kasih.

Jika anda masih tertarik ingin membaca mengenai artikel tentang ilmu pengetahuan, pendidikan lainnya atau membuka postingan sebelumnya, silakan anda bisa menuju link / tautan yang saya berikan di bawah ini.

Sistem Operasi | OS