Istilah di Google Adsense: Lengkap


Salam hangat sobat gretpir, jumpa lagi dengan kami gretpir: Gudang Tips dan Ilmu Internet. Postingan terbaru hari ini adalah materi  pembahasan tentang ilmu pengetahuan” Istilah-istilah dalam program Google Adsense. Sebelum kalian membaca semua artikel kami, silakan persiapkan terlebih dahulu perbekalan kawan-kawan, termasuk kopi, teh, susu hangat, minuman dingin lainnya dan juga cemilan makanan ringan, supaya kita semua bisa fokus belajar bersama menimba ilmu.

OK Guy’s, didalam program Adsense saya banyak menemukan beberapa kata-kata dan istilah yang sering digunakan dalam akun google. Menurut saran kami teman-teman sebaiknya sangat perlu untuk memahami istilah-istilah tersebut karena itu sangat berhubungan dekat dengan perhitungan komisi ataupun bagi hasil Google Adsense, jadi sebelum mendaftarkan diri sebagai mitra Google Adsense dan memulai program tersebut sebaiknya pahami dahulu dasar-dasar utama, bagaimana proses dan cara kerjanya itu sangat dibutuhkan sebagai modal awal memulai bisnis online adsense ini.

Baiklah kawan, berikut ini saya bagikan informasi mengenai beberapa isitlah-istilah di program Google Adsense yang telah kami pelajari dan saya dapatkan di berbagai sumber situs google popular dunia, dan mungkin bisa kita pelajari bersama-sama untuk awal memulai karir anda di dunia bisnis online sebagai mitra google, diantaranya yaitu:

Publisher

Semua orang berhak memiliki masa depan yang cerah termasuk anda sendiri, kita sudah harus paham terlebih dahulu  apa itu arti Publisher dan setidaknya sebagai ingatan penting atau mungkin sekedar berbagi pengetahuan untuk para pendatang baru yang hendak belajar dan ingin memulai menjadi seorang Publisher.

Jadi apa itu Publisher, baiklah mari kita jelaskan secara singkat, Publiser disebut sebagai orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang unit iklan Google Adsense disitus mereka.

Ad Units

Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan Adsense itu sendiri, Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran yang berbed, yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit  iklan ini maka pemasang  iklan akan mendapatkan hasil/imbalan yang sesuai dengan nilai CPC-nya.

Link Units

Selanjutnya adalah Link Units, pada link units ini hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui disitus-situs web. Lantas apa yang membedakan antara Link Units dengan Ad Units ? Yang membedakannya yaitu pada saat pengunjung mengklik iklan ini, maka iklan iklan akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di Searh Engine Google, Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Units yang ada dihalaman tersebut. Sebagian besar Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan dengan Ad Units biasa.

Adsense For Content

Adsense For Content adalah iklan Adsense yang dipasang didalam suatu halaman, iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Ad Unit dan Link Units adalah yang termasuk dalam Adsense For Content ini.

Alternate Ads

Untuk iklan yang satu ini terkadang sering membuat para publisher pemula menjadi bingung, tentu saja hal seperti inipun pernah saya alami sendiri, dari beberapa pengalaman saya mencari perusahaan periklanan seperti ini tidak mudah, mudah untuk dicari namun belum tentu menjadi hasil yang baik.

Mari kita bahas dan perhatikan sebaik mungkin, Unit iklan yang satu ini merupakan bentuk iklan dengan jaringan paling baik yang bisa disandingkan bersama iklan-iklan Original Google Adsnse, meskipun terlihat bukan asli dibangun dari produk google namun sudah teruji secara baik dan memiliki peringkat serta dedikasi tertinggi pada masing-masing iklan tersebut, karena memiliki kepercayaan tinggi dan legalitas baik tentu kita bisa memasang iklan Adsense tersebut persis bersama Google Ads, istilah populer mereka menyebutnya dengan Adsense Alternate Ads,

Sebagai ganti daripada Original Adsense Ads anda bisa mencobanya dan mencari solusi Google Periklanan peringkat terbaik untuk "alternatif adsense terbaik" Jika anda mengingnkannya Anda akan mendapatkan daftar jaringan periklanan yang menawarkan semua jenis iklan dari BPK (biaya per klik) ke CPM (biaya per ribuan tayangan), popup, spanduk fly-out dan banyak lagi lebih, terbaik dari yang anda pikirkan, tapi ini layak di uji coba untuk situs anda, silakan kunjungi dibawah ini.

Google Adsense Alternatives & Similar PPC Ad Networks – 2019

Channels

Channels merupakan sebuah atau semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Unit, Adsense For Search dan Refferalls. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu channel, dan sebaliknya satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Dihalaman laporan Google Adsense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan channel, sehingga penggunaan channel akan sangat memudahkan Publisher untuk melihat dari hasil dari masing-masing Channel.

Publisher akan memberikan nama channel yang sama pada unit-units iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail anda boleh untuk memberikan nama channel yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs, dan yang perlu diingat maksimal jumlah channel yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.

eCPM (Effective Cost Per Mile)

ECPM sendiri terkenal dengan kepanjangannya Effective Cost Per Mile/Million, eCPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan Publisher dengan jumlah impresi halaman (Per 1.000) atau Ecpm akan dihitung sebagai: Total Penghasilan/Tayangan dikali X 1000 yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh Publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impresi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 ( USD 200 dibagi 50 ).

CPC (Cost Per Click)

Apa itu CPC (Cost Per Click) dikenal dengan sebutan atau memiliki kepanjangan Cost Per Click, CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh Publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda ditentukan oleh banyak faktor dan berbagai pertimbangan termasuk performa dan kualitas situs yang dimiliki Publisher sendiri. Secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

CTR (Click-Trough Rate)

Mungkin ada yang belum paham tentang CTR ?, apa itu she CTR (Click-Trough Rate) yaitu dikenal dan memiliki kepanjangan dari Click-Trough Rate, merupakan sebuah perbandingan dalam persen/perseratus antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. CTR juga bisa dikatakan sebagai Alat Rasio yang bisa menunjukkan seberapakah sering orang maupun pengunjung melihat iklan anda dan mengkliknya, Rasio Klik Tayangan ini bisa digunakan untuk mengukur seberapa kuat, seberapa baik, seberapa bagus kinerja kata kunci dan juga unit iklan anda.

Sebagai contoh: Misalnya gretpir memiliki satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik sebanyak 10 kali memiliki nilai CTR 0,25% (10:40).

Clicks

Clicks/Klik merupakan jumlah klik pada Ad Units milik Publisher, dalam halaman laporan Adsense, Publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channel-nya.

Traffic

Sebuah Website maupun Blog akan bisa menjadi popular tanpa adanya suatu trafik/lalu lintas, baik itu yang Organik juga yang Non Organik, dan sebagai seorang penulis konten yang hendak melamar menjadi mitra Google Adsense harus paham apa itu Traffic, jadi mari kita bahas kembali sedikit apa itu yang namanya Traffic, Traffic adalah Sebuah, Sekumpulan atau beberapa Visitor (Jumlah Pengunjung) atau sebagai pengunjung yang berlalu lalang datang dan pergi menuju situs/website anda. Dan selain itu juga biasa disebut sebagai Landing Page Situs.

OK Guy's…itulah sedikit informasi dan singkat materi dari kami yang bisa kita bagikan kepada teman-teman, apa saja yang termasuk didalam istilah-istilah dalam program Google Adsense sudah kita jelaskan dan mudah-mudahan pembahasan ini bermanfaat bagi kawan-kawan, jika anda masih kurang paham silakan bisa dibaca dan dipelajari kembali kapan saja anda memiliki waktu.

Dan beberapa yang sudah dijelaskan diatas merupakan pokok dasar penting sebagai seorang publisher atau mitra Google Adsense, pastikan diri anda benar-benar memahami dasar-dasarnya sebelum kalian yakin dan siap menjalankan program periklanan tersebut, sehingga kalian juga akan lebih siap untuk menerima penghasilan terbaik dari Adsense dan selanjutnya uang akan menanti anda hingga menuntun secara benar.

Mungkin saja anda juga tertarik untuk membaca kembali postingan artikel lainnya, pada halaman sebelumnya anda bisa dengan mudah membuka kembali pada materi artikel yang telah kami buat dan kami sediakan pada tautan di bawah ini, semoga bermanfaat dan membantu anda, dan jika menurut anda artikel ini menarik teman-teman bisa membagikannya kepada yang lainnya. untuk masa depan anda sebagai seorang penulis konten yang professional.


Fakta Menarik Tentang Google