DMCA: Cara Melindungi Konten Anda Dari Pencurian


Hai Guy's...assalamualaikum selamat siang menjelang sore selamat beraktifitas jumpa lagi bersama kami bagiKEPO.com Indonesia " layanan tips dan tutorial Blogger dan DUMAR ( Dunia Marketing ) Online, semoga kalian tidak pernah bosan membaca dan belajar mencangkul ilmu.

Kali ini saya akan berbagi sedikit dan membahas tips singkat tentang Cara Melindungi Konten Website menggunakan perusahaan jasa keamanan situs luar negeri. Dari perusahaan orang bule (barat) Guy's...dan untuk teman-teman yang mahir di dunia konten maupun yang suka ngonten saya yakin ini sudah menjadi bagian kehidupan penting dan sudah familiar dunk, hehehe.

OK Guy's, Berikut penjelasan sederhana mengenai DMCA

Apa itu DMCA ?

The Digital Mellenium Copyright Act itulah yang terdengar sebagai singkatan keren daripada DMCA, jadi orang-orang di seluruh dunia lebih mengenal, menyebut dan mempopulerkan perusahaan ini sebagai nama pendek D-M-C-A, dan itu lebih terkesan mudah di ingat.

DMCA sendiri adalah sebuah undang-undang serikat cipta hukum yang muncul didirikan ditandatangani dan disyahkan di Amerika Serikat  ( US ) menjadi undang-undang resmi oleh Presiden Bill Clinton pada tanggal 28 Oktober tahun 1998.

Mereka menerapkan hukum yang berkaitan dengan adanya pelanggaran-pelanggaran atas hak cipta karya digital dan semua kekayaan Intelektual Dunia atau disebut dengan nama (WIPO). Jadi buat kalian jangan kawatir yang udah banyak konten milik sendiri, ini keren sekali loh, konten teman-teman bisa kalian klaim dengan bantuan DMCA supaya semua hasil karya kamu menjadi hak paten dan benar-benar diakui dunia secara legal bahwa itu merupakan hasil jerih payah kalian yang sesungguhnya dan bukan jiplakkan atau konten milik orang lain.

Ya....setidaknya ini menjadikan referensi yang baik bagi kamij juga kawan-kawan, dan mulai dari sekarang sudah waktunya untuk sedia payung sebelum hujan Guy's, tentunya kita sering mendengar berita dan isu hoak bertebaran diluar sana, pembajakkan konten dari manusia tidak bertanggung jawab, Dan...saatnya kita belajar melindungi karya kita sendiri dari serangan orang-orang jahil. Saya harap kalian juga semangat dan tetap waspada untuk rajin menjaga karya-karya anda.

Jadi DMCA itu bertujuan mengkriminalisasi produksi dan penyebaran teknologi, perangkat, dan layanan ini dimaksudkan untuk menghindari segala tindakan yang mengontrol akses ke karya berhak cipta (yang pada umumnya dikenal sebagai Digital Rights Management atau disebut dengan singkatan DRM).

DMCA meningkatkan sanksi hukuman untuk sebagai pelanggaran hak cipta di internet. DMCA juga dapat melindungi hak kalian atas  hasil jerih payah kreasi Anda antara lain seperti: gambar, buku, perangkat lunak, musik, video, Ebooks, situs web, dan bentuk media digital lainnya dan termasuk yang lainnya.

Jadi Guy's...Aturannya seperti ini, yaitu termasuk, contohnya, apabila seseorang telah menggunakan gambar Anda tanpa se-izin Kalian! Dan apabila seseorang menggunakan akun sosial media Twitter, Instagram, Facebook dan Linkedin palsu ( sederhananya yaitu mereka yang berpura-pura menjadi Kalian), atau bahkan di mana pun lokasi mereka memposting, mempublikasikan foto/gambar Kalian tanpa se-izin Kalian, Maka layanan DMCA-lah yang bisa kita gunakan untuk membantu mengatasinya.

Bagaimana situs DMCA Bisa Melindungi Konten Anda

Situs DMCA akan memudahkan para pemegang/pemilik hak ciptanya, atau pembuat kontennya, untuk mendapatkan sepenuhnya keadilan pada saat konten mereka telah disalin, di copy paste, di jiplak dan diunggah dengan ilegal di tempat lain ke dalam jaringan internet.

Jadi Guy's, Undang-undang hukum DMCA ini berlaku untuk kapan saja bahwa disebutkan oleh  karya asli Anda telah disalin dan diunggah di tempat lain, atau disalin dan disesuaikan agar tampak bahwa orang lain adalah pencipta aslinya.

Lalu Bagaimana Solusi Dan Cara Kerja DMCA Untuk Membantu Mengatasi Masalah Pelanggaran Konten Anda

Secara Sederhananya seperti ini Guys, Apabila Kalian melihat dan menghampiri konten karya anda di distribusikan tanpa seizin dari Kalian, ada kemungkinan sih bahwa pekerjaan yang kalian buat sudah ada di internet sekarang.

DMCA akan bekerja sepanjang waktu, sepanjang hari untuk menghubungi semua para pelanggar, yaitu terciduk (terdakwa) dan DMCA akan mencoba berusaha menuntut mereka menghapus konten yang dianggap ilegal. Mereka akan diarahkan dan dihimbau untuk segera berhenti menggunakan hasil karya anda tanpa izin pemberitahuan anda.
Selain itu DMCA akan membantu para korban dengan cara menghapus konten ilegal yang mereka distribusikan dari internet.

DMCA juga akan membantu memberi pilihan kepada pelanggar dan menghimbau situasi agar tidak membuat situasi menjadi lebih buruk dengan cara pemantauan aktif dan penghapusan data di situs yang mereka distribusikan.

Kesimpulan Sederhana:
situs DMCA adalah sebuah undang-undang Amerika Serikat yang dapat melindungi jerih payah konten karya anda dari segala macam pencurian dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dan Gimana Caranya Melindungi Konten Website Kalian dari Pencurian

Berikut Tips sederhana Melindungi Konten Website dari Pencurian dan Kejahatan

Langkah pertama:

Buka situs Google lalu ketik pencarian dan tulis kata kuncinya " DMC atau DMCA.com " klik dan buka situsnya


Selanjutnya pilih fitur pada tulisan yang terdapat " SIGN UP " klik dan buka halaman


Kemudian anda akan di sambut dengan halaman yang bertuliskan 3 pilihan, lihat seperti tampilan dibawah ini


Lalu jika anda ingin mendaftar gratis silakan pilih " Get a Free Badge " klik dan tunggu sampai halaman terbuka, kemudian isi formulir dan lengkapi data yang disediakan.


Setelah mengisi semua, klik dan selesaikan registrasi, selanjutnya Kalian tinggal memilih jenis icon/widget DMCA yang sesuai dengan keinginan kalian

Setelah cocok dengan pilihan anda, klik dan dapatkan kode script pada bilah disamping, lihat seperti dibawah. Kemudian salin kode tersebut dan tempel / pasang di halaman situs anda dan simpan untuk mengaktifkan.


Selesai Guy's, proses pendaftaran dan instalasi kode script DMCA untuk melindungi konten-konten pada Blog/Website anda sudah berhasil kalian pasang. Semoga bermanfaat.
bagikepo | bagikepo.com | bagikepo | bagikepo.com | bagikepo |  bagikepo.com
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak