Cara Mencari Supplier di Marketplace Aman dan Terpercaya

Cara mencari supplier di marketplace dapat dikatakan jauh lebih mudah jika kita bandingkan dengan mencari di tempat lain seperti website atau sosial media.

Seperti yang kita ketahui, dalam beberapa tahun terakhir, transaksi perdagangan online atau e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Salah satu sistem dalam menjalankan bisnis online adalah dropship atau reseller..



Melalui sistem dropship atau reseller, maka pelaku bisnis hanya perlu mencari suplier barang yang akan dijual. Untuk mencari suplier ini, Anda dapat memanfaatkan adanya marketplace. Dengan demikian, Anda dapat mencari toko yang mempunyai harga grosir yang lebih menguntungkan.

Mengetahui Cara Mencari Supplier di Marketplace

Dalam perkembangan bisnis online yang cukup pesat saat ini, marketplace adalah salah satu pemain terbesar yang terdapat dalam bisnis online di Indonesia.

Satu dari sekian banyak platform yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam menjalankan bisnis online adalah marketplace. Pada dasarnya, marketplace menjadi pihak perantara yang mengakomodasikan antara pihak penjual dengan pihak pembeli di dalam dunia maya.

Dengan kata lain, situs marketplace menjadi pihak ketiga dalam transaksi online. Dalam situs tersebut menyediakan fitur penjualan dan juga beragam fasilitas pembayaran yang cukup aman. Mulai dari fitur cashback, diskon hingga gratis ongkir. Marketplace juga bisa diartikan sebagai department store dari online store.

Berikut ini beberapa cara mencari supplier di marketplace yang aman dan terpercaya, antara lain:

Perhatikan Jumlah Penjualan Produk

Hal penting lain yang dapat kita lakukan dalam mencari supplier di marketplace adalah mencari produk telah banyak dibeli orang. Kemungkinan besar toko tersebut sudah terpercaya serta mampu mengirimkan barang dengan baik. Semakin banyak produk yang terjual, tentu akan semakin baik bagi Anda dalam menentukan supplier yang terpercaya.

Perhatikan Penilaian dari Pembeli

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilih supplier terpercaya di marketplace adalah memperhatikan review dari pembeli. Jika tidak terdapat review sama sekali pada produk dari pelapak, sebaiknya Anda skip saja dan cari pelapak lain.

Anda cari review yang terdapat di foto atau komentar, jadi tidak hanya memperhatikan bintang saja. Perhatikan penilaian atau komentar dari para pelanggan, apakah banyak yang positif atau negatif.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mencari produk yang sudah banyak terbeli, sehingga kita dapat mengetahui review dari para pembeli lain yang dapat kita pertimbangkan.

Hubungi Toko / Pelapak

Cara selanjutnya dalam memilih supplier di marketplace adalah dengan mencoba menghubungi pelapak serta tanyakan apakah Anda dapat melakukan dropship kepada pelapak tersebut.

Dengan menghubungi pelapak, maka Anda dapat mengetahui respon dari pelapak tersebut dari durasi membalas, keramahan atau pelayanan yang mereka berikan.

Para pelapak yang memberikan respon cepat dan baik dapat menjadi perttimbangan tersendiri bagi Anda. Selain itu, Anda dapat mencari tahu tentang berbagai ketentuan dropship dari pelapak tersebut.

Cara Mencari Supplier di Marketplace

Persaingan marketplace yang ada di Indonesia dapat dikatakan cukup pesat. Banyak terdapat pemain lama hingga pemain baru yang saling bersaing untuk memperoleh konsumen di Indonesia.

Kemudian, ada jenis marketplace yang termasuk murni dan terbesar Indonesia. Seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada serta Blibli.

Beragam marketplace tersebut memiliki jangkauan pasar yang lebih banyak dan beragam. Adapun langkah-langkah mencari supplier di marketplace antara lain:

·         Pertama, buka situs marketplace yang akan Anda kunjungi, lalu buat akun terlebih dahulu dalam situs tersebut.

·         Kemudian, setelah proses buat akun berhasil, cari produk yang akan Anda jual. Jangan lupa untuk memilih kategori produk yang akan Anda jual. Sebagai contoh apabila Anda menjual seputar fashion, maka Anda dapat memilih kategori fashion wanita dengan produk atasan. Selanjutnya akan muncul tampilan berbagai pilihan kategori produk yang akan Anda pilih.

·         Langkah berikutnya, Anda dapat melakukan filter. Anda dapat mengurutkan produk sesuai penjualan serta lokasi DKI Jakarta.

·         Kemudian akan muncul pilihan produk selanjutnya.

·         Selanjutnya, silahkan pilih produk yang bagus serta layak dijual. Kemudian simpan gambar-gambar produk tersebut pada perangkat yang Anda gunakan.

Dalam tahap filter, kenapa dipilih sesuai penjualan serta lokasi DKI Jakarta. Dengan memperhatikan jumlah penjualan, maka dapat kita asumsikan bahwa produk tersebut sangat laku di pasaran.

Hal ini dapat kita artikan bahwa pasar telah siap dengan produk yang akan Anda tawarkan tersebut. Untuk lokasi DKI Jakarta, alasan utamanya adalah di kota ini terdapat banyak supplier besar, meskipun tidak menutup kemungkinan di kota lain juga ada.

Bagi para reseller, cara mencari supplier di marketplace yang aman dan terpercaya dengan mencari toko atau pelapak yang mempunyai harga grosir yang lumayan menguntungkan. Meskipun demikian, sebaiknya Anda tetap memperhatikan kualitas dari produk tersebut, sebaiknya Anda beli terlebih dahulu barang yang akan Anda jual, jika sudah terpercaya dan aman Anda dapat berlangganan dengan supplier tersebut.

 

Keyword 2 : Cara Mencari Supplier di Market

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak