Cara Sederhana Perawatan TV Kabel Agar Gambar Jernih


MENONTON sudah menjadi bagian dari sebuah kegiatan bagi semua orang dimanapun, baik dirumah sendiri, kantor, tempat umum dan lain - lain. Sebuah aktifitas santai yang bisa di jadikan sebagai bahan penghibur dan menghilangkan segala jenis permasalahan tentang apapun juga, semua bisa di hilangkan dengan cara seperti menonton televisi, musik, video dan lainnya.

Memang tidak semua masalah bisa di selesaikan dengan hanya menonton televisi, namun setidaknya ketika kita sedang di landa berbagai masalah, paling sedikitnya kita bisa menghibur diri kita untuk meringankan beban yang begitu berat, sehingga ketika kita sudah melepaskan kekesalan dan kejenuhan pikiran kita bisa berubah menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

Hiburan adalah suatu kegiatan yang bersifat universal namun tidak memaksa kita untuk menekankan supaya pemikiran kita terbawa arus ke dalamnya, terkadang suatu masalah cepat datang dan sebaliknya bahwa solusi, pendapat dan jalan keluar begitu sangat sulit untuk kita dapatkan dan kita temukan, sehingga masalah yang kecilpun tidak terasa sedikit demi sedikit bertambah menjadi berat layaknya kita mengangkat suatu barang yang mempunyai berat yang ringan namun akan terasa seperti memikul beban yang seolah - olah berton - ton.

Bagi yang memiliki sebuah hobi tentang menonton televisi sudah menjadi bagian dari  keseharian hidupnya, tanpa hiburan manusia tidak akan mudah memiliki kebahagian, karena pada dasarnya bahagia itu berasal dari sesuatu yang bisa membuat hati anda, keluarga, teman - teman, saudara dan orang lain merasakan adanya ketenangan dan bisa terhibur karena sesuatu.

Ketika anda tengah asik menonton sebuah acara hiburan, mungkin seperti drama, kolosal, telenovela, musik, movie dan tentunya anda sangat menyukai juga acara seperti humor dan sejenisnya, karena pada titik acara ini adalah dimana anda bisa menimbulkan rasa tertawa dan bahagia, tetapi pada saat anda menonton anda mengalami detakan jantung, karena anda secara tiba- tiba di hentikan secara paksa dan begitu saja, tentunya ini sangat menjengkelkan dan menyebalkan bukan ?

Apa Anda Pernah Mengalami Hal Demikian ?

Hal yang seperti itu adalah hal yang tidak kita harapkan, dan tentunya ini adalah sesuatu hal yang tidak  kita inginkan, karena secara mengejutkan anda di hentikan begitu saja tanpa adanya sebuah alasan yang tidak jelas sama sekali, sehingga perasaan kita secara tidak sengaja di buat kesal dengan berbagai kejadian yang mengejutkan, membingunkan dan membuat panik semua orang di rumah.

Ini bukan sebuah artikel menarik yang bisa membuat anda terbangun lalu anda mendapatkan sebuah hadiah yang sangat besar, namun setidaknya saya hadir disini untuk mencoba berbagi pengalaman dan bagaiman caranya supaya anda mengetahui sedikit permasalahan dan cara mengatasi tentang kerusakan pada perangkat, jaringan dan kualitas gambar yang ada di rumah anda sendiri.

Apa Anda Pernah Mengalami Kerusakan dan Gangguan pada Kualitas Gambar Televisi Anda ?

Pada saat kita sedang asik menonton acara hiburan yang paling kita favoritkan, secara tiba - tiba anda menjumpai sebuah kejadian aneh, misalnya gambar pada layar anda berbayang - bayang, buram dan sejenisnya, hal sedemikian rupa pernah saya alami di rumah saya, namun apakah anda terpikir untuk memperbaiki sendiri tanpa harus memanggil teknisi panggilan, ketika anda bisa mengetahui apa penyebab kerusakan dan kejanggalan tersebut, saya pikir anda mungkin akan terbangun mencari sendiri apa jalan keluar dan solusi yang terbaik agar saluran pada televisi anda bisa kembali normal seperti semula.

Anda Bingung dengan Semua itu ?

Saya berharap anda bisa membangun pemikiran dan ide sendiri tanpa harus selalu terus menggantungkan pekerjaan pada orang lain, karena saya yakin anda tidak akan selalu bisa memanggil orang lain untuk memperbaiki dan membantu masalah anda terus menerus, pada saat itu mungki orang lainpun memiliki aktifitas dan keperluan sendiri, jadi apa salahnya ketika anda memiliki rasa ingin tau, mengapa tidak anda lakukan saja ?

Berikut saya berbagi tentang cara sederhana bagaimana cara membangun kualitas gambar jernih pada saluran televisi anda :

Miliki Perangkat Televisi Tidak Harus dengan Harga Mahal

Menggunakan barang dan alat seperti televisi tidaklah di wajibkan harus dengan membeli harga yang mahal, bermerk, hal sedemikian rupa sebetulnya tidak menjadi sebuah jaminan bahwa anda akan memilki sebuah layanan dan kualitas gambar yang bagus dan jernih.

Sebuah kualitas gambar memang bisa di dapatkan dengan harga dan barang yang bermerk tinggi, namun jika anda tidak mengetahui cara perawatan dan perlindungan maka saya pikir itu akan sama saja.

Saya lebih menyarankan beli barang atau perangkat keras televisi dengan harga yang terjangkau oleh anda, namun rawatlah dengan baik dan benar, anda harus sesering mungkin mengecek kelayakan pada seluruh bagian tombol, layar, dan lainnya, sehingga jika anda kerusakan anda bisa secepat mungkin memperbaiki sendiri tanpa harus terburu - buru memanggil teknisi lain.

Gunakan Kabel Penghubung Yang Baik dan Cukup Kuat Mengalirkan Arus

Ketika anda menggunakan sebuah kabel pada televisi, gunakanlah sebuah kabel yang memang di gunakan khusus untuk jaringan, bukan kabel yang tidak memilki kekuatan dalam mengalirkan arus pada tabung televisi dan antena anda.

sederhananya, anda bisa menggunakan kabel standar jenis coaxial RG6 berserat tinggi dan memiliki tembaga yang keras.

Gunakan Konektor Penghubung Kabel Yang Terbaik (Kualitas Baik)

Sebuah arus yang mengalir secara baik dan kuat adalah dimana kita bisa memasangkan sebuah konektor yang kuat dan tidak kendor, jika anda menggunakan konektor penghubung standar namun anda tidak mengencangkan, maka suatu waktu aliran dan arus yang mengalir pada televisi anda tidak akan berjalan baik, dan ketika anda mengalami angin yang kencang maka sambungan pada kabel antena dan televisi anda akan cepat terhenti dengan seketika, pada saat itu anda akan mengalami sebuah kerusakan gambar dan jaringan lainnya.

Anda bisa menggunakan konektor sederhana namun cukup berkualitas, gunakanlah konektor yang biasa di gunakan untuk jaringan tv cable, anda bisa membeli pada toko - toko online, teman - teman anda, atau bahkan orang yang bekerja di sebuah perusahaan jaringan.

Mengencangkan Penggunaan Konektor

Ketika seorang teknisi jaringan memasang sebuah konektor pada tabung televisi anda, saya rasa tidak semua teknisi dapat memperhatikan dan memasang dengan benar, namun jika anda menemukan hal sedemikian, anda harus mau melakukan sendiri untuk mengecek kerapian dan kebenaran pada pemasangan konektor tersebut, apakah layak dengan benar atau memang harus di perbaiki ?

Mengecek dan menjaga adalah hal yang terbaik untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan di masa yang akan datang, jika anda mengetahui bahwa anda salah memasang atau orang lain yang melakukannya, anda bisa memperbaik sendiri dengan menggunakan alat penguat seperti " Compress Tools " atau anda bisa menggunakan cara manual dengan menggunakan sebuah isolasi penguat, lilitkan isolasi pada bagian konektor dan bagian kabel tertentu, sehingga tidak mudah lepas dan menjadi lebih kuat daripada yang sebelumnya.

Fungsi daripada memperkuat pemasangan konektor adalah menjaga supaya tidak menimbulkan kebocoran pada arus yang mengalir dari ujung antena hingga ke tabung televisi tersebut, sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

Gunakan Remote Televisi Yang Baik dan Tahan Lama

Jika saat anda menggunakan remote dan mencoba menekan, memindah - mindah saluran, fitur volume, pengaturan dan lainnya menemukan gangguan dan kemacetan sudah tentunya itu adalah hal yang menjengkelkan bagi kita semua, akibatnya akan berpengaruh dengan kenyamanan pada fasilitas anda sendiri.

Cek Batu Batre Pada Remote Televisi Anda

Sebaiknya sebelum anda mengalami masalah yang serius, ada baiknya anda sering mengecek kekuatan dan kelayakan serta ketahanan batu batre pada remote anda, karena ketika anda sedang asik menonton acara, tiba - tiba anda di kagetkan dan di kejutkan oleh sebuah remote yang menjengkelkan, maka itu sangat tidak menyenangkan bukan sobat ?

Gunakan Perangkat Antena Yang Layak Sesuai Kegunaan

Jangan menggunakan sebuah antena yang bukan pada tempatnya, penggunaan yang di lakukan asal dan tidak mengikuti aturan, maka yang akan dapatkan adalah sebuah hasil yang sia - sia, sebuah antena yang baik adalah antena yang bisa di gunakan sesuai kebutuhan dan memilki akses jaringan sesuai jenis lokasi,  paket saluran ( satelite ) ruang dan jenis televisi anda.

Anda bisa mencoba bertanya kepada sang penjual toko, atau jika anda tidak ingin mudah tertipu ada baiknya anda konsultasi dengan orang yang sedang bekerja atau pernah bekerja di sebuah jaringan televisi.

Tempatkan Antena Televisi Pada Ruang Strategis

Cara menempatkan antena yang bagus adalah cara bagaimana membangun sebuah jaringan televisi anda sendiri secara tepat sasaran, tempatkan antena pada tempat yang sesuai pada jenis perangkat antena anda, apakah anda menggunakan sistem out door atau indoor, jika anda menggunakan antena indoor, maka pasanglah di ruangan tertutup yang strategis sehingga anda bisa mendapatkan signal yang lebih baik, dan jika anda menggunakan antena indoor maka anda bisa memasang di luar halaman, belakang atau depan rumah anda, semakin tinggi makan akan semakin baik untuk memunculkan signal, sebaiknya anda menggunakan pengukur seperi " DB Meter atau digital db meter" dengan menggunakan itu anda bisa mengetahui seberapa tinggi dan rendahnya signal dan frekuensi yang kita dapatkan.

PeraGunakan Booster Penguat Signal

Cara yang lebih baik untuk mendapatkan sebuah kualitas gambar yang baik dan maksimal adalah cara yang bisa di gunakan sebagai solusi terbaik anda. Anda bisa membeli sebuah booster penguat pada toko - toko eletronik, anda harus bisa memilih jenis dan kualitas yang benar - benar di percaya, bukan sekedar harga, namun fungsi dan ketahanan dalam penggunannya.

Anda bisa menggunakan booster " cat tv signal amplifier, atau anda bisa menggunakan versi yang lebih baik yaitu kualitas gambar digital " HDTV cat tv signal amplifier" , anda bisa membeli pada toko online dengan memesan terlebih dahulu, dan anda juga bisa konsultasi dengan orang lain yang lebih mengetahui tentang ini.

PeraPasang Kabel Grounding Sebagai Keamanan

Taukah anda bahwa Kabel grounding itu berfungsi sebagai penghantar arus listrik langsung ke bumi atau tanah saat terjadi kebocoran isolasi atau percikan api pada konsleting, misalnya kabel grounding yang terpasang pada body alat elektronik seperti setrika listrik ini akan mencegah kita pada saat tersengat listrik saat rangkaian di dalam setrika bocor dan menempel ke badan setrika, pastikan mulai dari sekarang ini bahwa akses dan jalur tv kabel anda sudah di lengkapi dengan penguat dan peredam ground.

Begitu juga kabel ground memiliki kegunaan yang sama pula untuk melindungi pada sistem keamanan dalam jaringan tv kabel anda, jika anda tidak memasang ini, ada kemungkinan jika terjadi ledakan atau percikan petir dari langit, maka siapa yang tau perangkat televisi anda bisa saja terbakar atau terhenti sistemnya, maka dengan begitu kita tidak bisa menggunakan alat yang sebelumnya kita gunakan, dan dengan kata lain andapun harus terpaksa membeli yang baru untuk menggatikannya.

Seharusnya ini di terapkan dengan baik pada penggunaan tv kabel atau saluran televisi biasa anda, sedikit mengeluarkan biaya tenaga untuk memasangnya di halaman depan rumah anda atau di atas genting andapun tidak jadi masalah, setelah ini anda tidak perlu takut adanya petir, namun ini tidak menutup kemungkinan seberapa hebat alat atau kabel grounding yang ada miliki, yang namanya petir adalah suatu hal yang tidak mungkin bisa kita hindari, tetapi akan lebih baik jika anda mencoba menutup dan menghindarinya.

Anda bisa menggunakan sejenis besi kuningan, Grounding road yang paling bagus adalah pipa padat yang terbuat dari tembaga, atau Penangkal petir konvensional

Update dan Pergantian Perangkat

Jika anda memang ingin benar - benar mendapatkan hasil dan kualitas gambar pada saluran anda secara stabil, maka saya menyarankan kepada anda untuk terus dan sesering memperhatikan kelayakan perangkat pada televisi anda, jangan terlalu lama anda menggunakan alat yang sudah membasi, dan berkarat, jika memang alat tersebut sudah terlalu lama atau memang sudah tidak layak di gunakan, maka secepat mungkin anda mengganti dengan perangkat yang baru atau yang lebih baik dari yang sebelumnya, entah itu terjadi pada kualitas kabel, konektor, booster, antena, remot atau bahkan pada televisi anda sendiri.

Karena adanya kualitas gambar saluran yang bagus berpengaruh pada kualitas dan kelayakan pada semua perangkat anda, semakin di perhatikan dan semakin di rawat maka saya yakin anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Saya berharap dengan adanya tulisan dan coretam sederhana ini, anda dapat membaca, memahami dan juga menerapkan pada anda sendiri, setidaknya saya telah berbagi tentang sedikit wawasan dan dunia teknologi kepada anda dan kepada semua yang membutuhkannya.

Demikian beberapa tips dan cara sederhana Perawatan TV Kabel Gambar Jernih yang mungkin bisa kalian coba, terus semangat dan jangan pernah mudah bosan untuk belajar berbagi dan membagikan ilmu anda kepada teman anda, Karena menurut sayapun berbagi merupakan sesuatu yang indah dan sangat menyenangkan, apabila ini bermanfaat untuk anda dan orang lain, maka anda bisa membagikan postingan ini kepada yang lebih membutuhkannya.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak