Apa Itu SEO: Manfaat dan Cara Kerja



SEO bukan satu satunya hal yang terdengar di mata publik , jika bukan karena kemajuan dunia trend maka kitapun tidak semudah mengikuti ilmu pengetahuan dengan secepat ini, dan apa seh yang terjadi pada saat saat ini tentang dunia IT komputer? Trending SEO, tema yang satu ini sangat di gembor - gemborkan di media sosial, bahkan rasanya seperti tidak ada pasang surutnya, sampai sekarangpun masih terus di bicarakan dan terus di kembangkan oleh para developer web dan juga para penulis konten di seluruh dunia.

Apa itu SEO ?

Secara umum SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization, dimana sistem ini adalah sistem sebuah strategi pemasaran yang paling terpopuler dan paling powerfull di dalam dunia digital marketing, teknik pencarian alami yang tidak berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik yang melibatkan beberapa pengguna halaman situs dari beberapa mesin pencari dengan harapan dan tujuan akan menghasilkan timbal balik sebuah penghargaan besar yang di berikan oleh mesin pencari dengan di tampilkannya halaman peringkat atas dan memiliki karakater susunan halaman yang kuat.

Manfaat SEO

Kami akan merasa senang sekali jika mendengar kabar baik tentang kemajuan promosi karya konten anda, setelah lama kemudian berbulan - bulan, hingga bertahun - tahun pada akhirnya kita mendapatkan jawaban tujuan yang tepat pada sasaran, karena keuntungan besar dalam SEO sebetulnya banyak sekali memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog juga konten pengembang lainnya. Kemajuan pengaruh tergantung dari tujuan website yang dibangun itu sendiri, misalnya kita mengambil contoh sederhana yaitu situs afiliasi marketing ditambah dengan sentuhan warna teknik SEO maka hasil perbedaanya akan terasa, sebab akan meningkatkan penjualan produk afiliasi marketing itu sendiri. Selain itu ada juga beberapa orang yang tertarik dengan membuat website jualan online dipadukan dengan unsur SEO maka lalu lintas tentu akan meningkat pesat, begitu juga dengan penjualanpun akan semakin melesat tinggi, pelanggan akan terus kembali ke website Anda, itulah sesuatu yang hebat akan terjadi pada konten website kalian, namun jika kita tidak menggunakan teknik tersebut maka itu tidak akan terjadi dan situs anda tertinggal jauh di bawah peringkat lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang manfaat penting yang berharga sangat mahal dalam pekerjaan membangun SEO, diantaranya sebagai berikut:


  • Meningkatkan traffic / Lalu Lintas Organik
  • Target Yang Tepat untuk penjualan E-Commerce
  • Branding sebuah produk memimpin pemasaran langsung
  • Lalu Lintas  Sehat Permanen ke Website
  • Senjata Reputasi Domain di Mesin Pencari
  • Legalitas dan Kualitas Konten Menjadi Bernilai
  • Meningkatkan Pendapatan Anda sebagai Publisher
  • Meningkatkan Backlink inWebsite Berkualitas Tinggi
  • Penulusuran di Search Engine menjadi Prioritas
  • Mendapatkan data customer secara gratis.
  • Meningkat Target Kata Kunci Website
  • Website menjadi lebih ramai Pengunjung

Cara kerja SEO

Membutuhkan beberapa tahapan, yang berupa aktifitas terhadapa situs web maupun halaman blog supaya ketika para pengguna internet mencari tentang informasi yang berhubungan mengenai isi daripada website tersebut maka ketika pada saat di cari menggunakan mesin pencari akan dan dapat tampilkan di halaman 1 atau peringkat teratas mesin google.

Crawling Sistem kerja Crawling atau Perayapan adalah suatu proses yang di lakukan untuk mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

Indexing sebuah aktifitas yang merupakan proses pembuatan indeks mengindex untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Processing adalah sebuah usaha yang di lakukan pada mesin pencari pada saat pencarian menerima request dari user sebagai contoh pada saat kita mengetikkan kata kunci “template responsif” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “template responsif” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.



Calculating Relevancy biasanya di dalam satu halaman web terkadang memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari contoh pada kata kunci “Cara Kerja SEO”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

Kemudian satu hal yang tertinggal yang harus di tambahkan kembali pada cara kerja SEO sendiri yaitu, 

Retrieving Result istilah kata ini merupakan sebuah tugas pengambilan hasil yang sangat dan paling dianggap relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser atau mesin pencari.


Tema SEO Terkait

Riset Keyword Salah satu cara untuk menjadikan sebuah website seo adalah dengan mempertimbangkan dan memberikan sebuah keyword - keyword yang berkualitas, sehingga konten yang kita bagikan akan mudah di index mesin pencari dan juga cepat terindex dan di baca para pengunjung, lalu bagimana cara memberikan dan menggunakan sebuah keyword tersebut pada halaman situs saya ?

Berikut contoh video tutorial yang sangat sederhana yang saya buat bagaimana cara menggunakan, melakukan Riset dan menggunakan Keyword dengan menggunakan sebuah tool Analytics SEO, bagaimana cara menggunakan layanan selain Google Analytics untuk mengetahui sekaligus meningkatkan kinerja website.



Wikipedia

Versi Indonesia

Versi Inggris

Teknik SEO Lalu Lintas Organik ( 2 )
bagikepo | bagikepo.com | bagikepo | bagikepo.com | bagikepo |  bagikepo.com