Recent Post

8 Tip dan Trik Merawat Website/Blog yang Benar Bagi Pemula

Tip dan trik merawat website/blog perlu Anda lakukan meski tidak mudah. Website sendiri memiliki peran yang cukup penting bagi para pelaku bisnis online. Sebab, dengan adanya wadah yang satu ini membuat produk maupun jasa dapat dikenalkan ke berbagai konsumen di seluruh dunia. Untuk itu, memelihara website/blog menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan.


Namun sayangnya masih banyak pemilik website yang mengabaikan hal tersebut. Mungkin untuk pemula merawat website/blog memang tidak bisa dianggap mudah. Tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu apa saja trik merawat website/blog yang benar. Perawatan yang satu ini perlu Anda lakukan secara berkala. Maka dari itu, agar website/blog Anda bisa tetap dalam kondisi baik, gunakan cara yang tepat untuk merawatnya.

Deretan Tip dan Trik Merawat Website/Blog Bagi Pemula

Keberadaan bisnis online kini semakin menjamur di kalangan masyarakat luas di dunia. Bahkan tidak sedikit para pelakunya berhasil mengembangkan bisnis hingga mendapatkan banyak keuntungan.

Dengan adanya kegiatan ini, maka websitelah yang menjadi peranan penting untuk memasarkan, baik produk maupun jasa. Ibaratnya jika website/blog menjadi toko online. Sama seperti jika Anda memiliki toko konvensional, merawat toko online juga menjadi hal penting.

Perawatan website menjadi salah satu peran yang mempengaruhi keberhasilan bisnis Anda. Jika website/blog terawat dengan baik, kemungkinan besar kinerjanya pun akan tetap maksimal.

Sebaliknya jika website/blog tidak terawat, tentu sering terjadi masalah yang mungkin tidak Anda sadari. Untuk itu, merawat website/blog menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis online. Bagi Anda yang belum tahu atau pemula bisa gunakan tip dan trik merawat website/blog di bawah ini:

1. Update Tampilan

Merawat website/blog memang tidak bisa dilakukan begitu saja. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan update tampilan. Anda bisa ubah tampilan atau mengupdatenya jika sudah merasa bosan.

Jika tidak, Anda bisa mengubahnya kurang lebih setiap minggu sekali. Gunakan tampilan tema yang menarik, unik agar orang ingin mengunjungi situs Anda. Namun pastikan jika tampilan yang Anda miliki sudah tepat. Untuk itu, pikirkan kembali dalam mengupdate tampilan. Patikan update yang Anda lakukan tepat pada kondisi saat itu.

2. Menambah Fitur Baru yang Attractive

Tip dan trik merawat website/blog selanjutnya ini untuk dapat mengoptimasi tampilan. Misalnya fasilitas chatting, pesan melalui WA, maupun fitur yang lainnya. Dengan adanya fitur baru pada website, tentu mampu menarik orang untuk berkunjung.

3. Pembersihan Cache Secara Rutin

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan dan tidak kalah penting yaitu menghapus cache. Jangan biarkan file menumpuk dan mengganggu performa website. Sebaiknya Anda membersihkan cache kurang lebih satu minggu sekali. Hal ini perlu Anda lakukan agar file cache tidak rusak. Bahkan jika tidak Anda bersihkan justru ukuran file akan semakin besar.

4. Melakukan Update Konten

Sering para pelaku bisnis online tidak mementingkan adanya update konten karena tidak ada barang atau produk baru. Padahal update konten justru menjadi salah satu tip dan trik merawat website/blog. Seperti yang sudah banyak diketahui jika konten yang diposting dalam halaman website memiliki peran penting.

Dengan tujuan untuk dapat menyampaikan informasi pada pengunjung. Sehingga jika informasi tersebut tidak diupdate sering ada yang beranggapan jika website tersebut sudah non aktif. Update konten bisa menjaga kepercayaan konsumen terhadap usaha Anda. Bahkan juga bisa dibilang cukup efektif untuk menaikkan traffic bisnis Anda.

5. Monitoring Statistis Website

Monitoring statistic website juga ikut dalam pemeliharaan situs. Untuk itu, tidak hanya menambahkan konten-konten baru saja. Jika jumlah viewers belum seperti yang diinginkan, Anda cukup melakukan pengembangan situs dengan mencoba ide-ide baru yang menarik.

Monitoring statistis website juga cukup efektif untuk dapat memantau jumlah viewers dating berkunjung. Sehingga bisa memantau apakah jumlahnya sudah sesuai harapan atau belum.

6. Lakukan Back Up Data

Tips dan trik merawat website/blog berikutnya dengan melakukan back up data. Karena kita tidak tahu kapan serangan hacker atau virus akan muncul. Hal itu dapat membahayakan kerahasiaan data Anda. 

Anda bisa mengurangi pencurian data atau kehilangan data dari para hacker dengan melakukan pemeliharaan. Melakukan back up data sangat penting untuk mencegah kehilangan data dalam blog atau web. Jadi, apabila sewaktu-waktu server mengalami error, maka data tidak akan hilang dan bisa Anda pulihkan. 

7. Hindari Memakai Foto Atau Konten Ilegal

Untuk kepentingan konten di web Anda, tidak disarankan memakai foto yang diambil dari Google. Kemungkinan website ANda berisiko di block bahkan tidak akan lolos dari verifikasi Google Adwords atau Google Ada. 

Jadi, sebaiknya menggunakan gambar atau foto original milik Anda. Selain itu, Anda bisa mengambil gambar pada situs foto gratis misalnya saja Pexels, Pixabay, dan Unsplash.

Selain foto dan konten ilegal, sebaiknya juga menghindari menginstall plugin gratis dari bawaan dashboard wordpress. Sebab dapat berakibat web terkena malware atau spam. Hal ini sangat berbahaya sehingga perlu berkonsultasi kepada developer apabila ingin menginstal plugin pada web. 

8. Jangan Membuat Spam Backlink

Sebaiknya jangan terlalu banyak meninggalkan link pada sebuah kolom komentar. Hal tersebut biasanya tidak disukai oleh Google. Bisa jadi website milik Anda akan dihilangkan Google selamanya karena dianggap sebagai spam.

Menjadi seorang pelaku bisnis online tentu banyak hal yang harus dipelajari. Salah satunya mempelajari tip dan trik merawat website/blog agar tetap menjaga kualitas toko online Anda.

Menjadi seorang pelaku bisnis online tentu banyak hal yang harus dipelajari. Salah satunya mempelajari tip dan trik merawat website/blog agar tetap menjaga kualitas toko online Anda.

0 Komentar