Recent Post

Tips Bisnis Online Saat Pandemi, Hadirkan Cuan yang Efektif

Tips bisnis online saat pandemi tentu menjadi hal penting bagi Anda pebisnis pemula agar bisnis yang Anda jalankan menjadi laris manis di pasaran. Pandemi Covid-19 membuat banyak orang merasa kesulitan, terutama dalam hal perekonomian.

Banyak kalangan yang kehilangan pekerjaan akibat dari pandemi ini. Namun Anda tidak perlu khawatir, dengan berjualan online dapat menjadi cara jitu dalam meraup keuntungan di tangah pandemi Covid-19.



Tanpa perlu bertemu secara langsung, keselamatan penjual dan pembeli pun akan lebih terjaga. Selain itu, modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis online pun relatif terjangkau apabila kita bandingkan dengan menjalankan bisnis secara konvensional.

Pasalnya, kita tidak perlu menyiapkan biaya untuk sewa tempat atau yang lainnya. Meskipun demikian, bisnis online tetap harus kita jalankan dengan benar dan tepat agar bisnis online yang kita jalankan dapat berjalan lancar.

Beberapa Tips Bisnis Online Saat Pandemi

Bisnis online pada saat pandemi Covid-19 saat ini menjadi pilihan menarik bagi para pelaku usaha rumahan. Dengan kehadiran beberapa marketplace juga semakin mempermudah pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Sama halnya dengan bisnis konvensional, bisnis online juga dapat dijalankan oleh siapa saja, asalkan ada niat dan dijalankan dengan tepat. Selain itu, bisnis online dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja, dengan memanfaatkan gadget yang selalu terhubung dengan internet.

Meskipun relatif mudah untuk kita jalankan, bukan berarti bisnis online tidak memiliki hambatan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa tips dalam menjalankan bisnis online saat pandemi agar dapat menghasilkan keuntungan sesuai dengan yang kita inginkan. Beberapa Tips bisnis online saat pandemi tersebut antara lain:

Pelajari Bisnis Online serta Kendala Secara Detail

Pengetahuan menjadi modal utama dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, sebelum menjalankan sebuah bisnis, baik bisnis konvensional maupun online, sebaiknya Anda pelajari tentang seluk beluk bisnis yang akan Anda jalankan.

Mulai dari perhitungan modal, biaya produksi, proses pemasaran hingga tentang operasionalnya. Perlu Anda ketahui, pengetahuan bisnis tidak hanya tentang proses produksi hingga proses pemasaran.

Akan tetapi juga perlu mempelajari berbagai hambatan yang mungkin akan terjadi. Anda dapat memperoleh ilmu bisnis dari pengalaman orang lain. Sebelum menjalankan bisnis online, sebaiknya Anda mengumpulkan berbagai informasi, baik dari internet atau dengan berdiskusi dengan pelaku bisnis lainnya.

Manfaatkan Media Sosial untuk Riset Pasar

Dalam menentukan produk adalah salah satu hal yang tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan dalam menjalankan bisnis online. Anda perlu mengetahui kebutuhan pasar supaya tidak salah sasaran.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan media sosial. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan survei kecil-kecilan melalui fitur polling pada Instastory atau dengan menggunakan fitur "Ask Me a Question" untuk memperoleh jawaban terbuka.

Selain dapat menjadi salah satu sarana riset, Anda pun dapat berinteraksi secara langsung dengan calon konsumen. Dalam menjalankan riset pasar, Anda harus jeli melihat peluang, hal ini dapat menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis, terutama bisnis online.

Siapkan Produk

Apabila Anda telah memperoleh peluang bisnis yang akan Anda jalankan, maka tips bisnis online saat pandemi selanjutnya adalah menyiapkan produk yang akan Anda. Dalam menyiapkan produk yang akan dijual, Anda dapat menyesuaikannya dengan passion atau hobi.

Mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai produk yang akan dipasarkan, secara otomatis juga dapat membuat Anda lebih percaya diri dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, inovasi juga Anda perlukan untuk mengatasi adanya persaingan bisnis yang cukup ketat. Dengan adanya inovasi akan membuat produk yang Anda tawarkan akan nampak beda dengan mempunyai ciri khas yang dapat menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumen.

Melalui inovasi yang berkelanjutan, akan membuat bisnis online yang Anda jalankan dapat berkembang serta tidak monoton. Dengan demikian, bisnis pun akan dapat bertahan lama serta peluang untuk melakukan penetrasi pasar pun semakin besar.

Manfaatkan Media Sosial sebagai Media Promosi

Dengan memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp, Facebook ataupun Instagram dapat menjadi media promosi cukup efektif dalam menjalankan bisnis online selama pandemi.

Promosi yang dilakukan melalui media sosial dapat membuat produk yang Anda jual dapat dikenal orang banyak. Semakin sering memanfaatkan adanya media sosial sebagai sarana promosi, maka semakin banyak orang yang akan mengenal produk yang akan Anda tawarkan.

Dalam menjalankan promosi di media sosial, pastikan Anda menampilkan foto produk yang menarik dan bagus. Ini dapat menjadi strategi branding dalam jangka panjang untuk menarik atau memikat calon konsumen.

Masih banyak lagi tips bisnis online saat pandemi lainnya yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari memperhatikan kualitas produk hingga pelayanan terbaik dengan menjadi penjual yang responsif dan komunikatif. Dengan menjalankan beberapa tips di atas, maka bisnis online tetap dapat berjalan meskipun dilakukan di tengah-tengah pandami Covid-19.

 

0 Komentar