Recent Post

Aplikasi Cek Bansos Memudahkan Pengecekan Dan Kepedulian Sosial.

 

Aplikasi Cek Bansos merupakan solusi inovatif yang dikembangkan Kementerian Sosial RI untuk membantu masyarakat dalam menyalurkan bansos dengan lebih akurat dan nyaman. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengecek kepesertaannya dalam program bantuan sosial seperti BPNT, BST dan PKH.


Fitur Aplikasi 

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama seperti:

Konfirmasi penerima manfaat

kesejahteraan Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa daftar penerima manfaat kesejahteraan untuk sektor pemerintah tertentu. Hal ini akan membantu masyarakat dan pemerintah memastikan bahwa bantuan sampai kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Roposisi dan argumen tandingan

Aplikasi Pemeriksa Jaminan Sosial memungkinkan pengguna untuk mencalonkan diri, anggota keluarga, atau individu lain yang memenuhi syarat untuk mendaftar pada Daftar Konsolidasi Jaminan Sosial (DTKS) untuk menerima bantuan sosial. Selain itu, jika penerima manfaat diketahui berhalangan, pengguna dapat mengajukan keberatan dengan melampirkan dokumen pendukung seperti KTP, KK, dan NIK.


Unduh Aplikasi Bansos 

Anda dapat mengunduh Pemeriksa Bantuan Sosial versi terbaru (1.0.13) dari Google Play Store untuk perangkat Android yang menjalankan Android 5.0 dan lebih tinggi.

Bagaimana cara mengusulkan dan menolak permintaan tersebut

Jika Anda ingin menyarankan atau menolak penerima bantuan sosial, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Daftar penawaran

Setelah mengajukan lamaran, pilih opsi “Daftar Saran” dan masukkan data pihak yang mengajukan proposal, antara lain nama, nomor NIK, dan nomor CC.

2. Kelayakan Jawaban

Jika Anda ingin menantang penerima pembayaran yang tidak memenuhi syarat, silakan pilih opsi Tanggapan Diterima. Masukkan nama, nomor NIK, dan nomor QC serta pertimbangkan kelayakannya sesuai ketentuan yang berlaku. 

Link download dan Registrasi 


CARA KONFIRMASI PELANGGAN BANTUAN PUBLIK 

Berikut langkah sederhana untuk memverifikasi keanggotaan bansos Anda melalui aplikasi ini:


1. Daftar dan masuk

Setelah mengunduh aplikasi, daftar atau masuk dengan akun yang Anda buat.

2. Buka tab Pencarian

Setelah masuk ke aplikasi, klik tab Pencarian untuk memulai proses verifikasi.

3. Masukkan detail pencarian.

Masukkan detail seperti negara bagian, wilayah, sub-wilayah, desa, dll. Tergantung di mana Anda ingin memeriksanya. Lalu masukkan nama sesuai KTP Penerima manfaat 

4. Data penelitian

Masukkan kode CAPTCHA yang benar untuk memverifikasi dan klik Temukan Data. Hasil verifikasi seperti jenis bantuan publik yang diterima orang tersebut akan ditampilkan.


Manfaat mengajukan bansos

Bansos Check menawarkan berbagai manfaat bagi komunitas kami, termasuk:

1. Pendaftaran online

Daripada pergi ke kantor dan mengisi formulir secara manual, Anda bisa mendaftar sebagai penerima manfaat kesejahteraan secara online.

2. Cek penerima

Aplikasi ini memudahkan untuk memeriksa status Anda sebagai penerima kesejahteraan, memastikan informasi yang akurat dan real-time.

3. Mengajukan usulan dan keberatan

Apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian data, Anda dapat menyampaikan saran atau keberatan melalui aplikasi ini agar bantuan diberikan secara akurat dan adil.

4. Menampilkan informasi

Aplikasi tersebut juga digunakan Kementerian Sosial sebagai sarana memberikan informasi terkini kepada masyarakat mengenai program bantuan sosial.


Partisipasi masyarakat dalam penyaluran bansos menjadi lebih mudah dan transparan berkat aplikasi Pemeriksa Bansos. Aplikasi ini tidak hanya memberikan akses cepat terhadap informasi, tetapi juga berkontribusi terhadap bantuan yang lebih akurat dan adil bagi mereka yang membutuhkan.

Nah!!! Begitu artikel dari kami semoga bermanfaat terima kasih 

0 Komentar