Recent Post

Pelajari Apa Itu Pemasaran online, Channel Dan Manfaatnya.


Gretpir.com Semuanya kini terhubung dengan Internet, termasuk komunikasi, belajar, bekerja, berbelanja, bahkan metode pemasaran. Banyak perusahaan yang beralih ke metode pemasaran online dibandingkan metode tradisional.

Para pebisnis lambat laun mulai meninggalkan cara-cara tradisional seperti beriklan di baliho. Selain kurang efisien, biaya pemasaran tradisional juga lebih mahal.

Sebelum memulai pemasaran online, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu pemasaran online, salurannya, fitur, dan manfaat yang bisa Anda peroleh. Sekarang, lihat petunjuk di bawah ini.

Memahami pemasaran online

Pengertian pemasaran online adalah metode mempromosikan produk dengan menggunakan platform online yang dapat diakses melalui Internet. Beberapa platform online termasuk media sosial, situs web, blog, dan iklan online.

Karena pesatnya peningkatan jumlah pengguna Internet akhir-akhir ini, banyak perusahaan beralih menggunakan pemasaran online. Saat ini, usaha kecil dan besar mendapat manfaat dari pemasaran online dalam banyak hal.

Pahami pemasaran online dari ahlinya:

1 . Chaffey

Menurut Syafii, pemasaran online adalah segala bentuk periklanan produk atau jasa di Internet. Penjualan ini dapat dilakukan secara online melalui layanan periklanan online atau dengan membuka toko di platform online.

2. Kotler

Definisi Kotler tentang pemasaran Internet adalah proses penjualan secara online. Proses ini terdiri dari memproduksi, mengirimkan dan menjual produk. Baik online maupun offline, pemasaran memiliki arti yang sama, yang membedakan hanyalah medianya.

Saluran pemasaran online

Menurut Spirallytics, ada sembilan saluran yang umum digunakan untuk pemasaran online. Berikut penjelasannya:

1. Melalui Situs web

Saluran pemasaran online yang pertama adalah website. Di website perusahaan Anda, Anda dapat menambahkan informasi tentang fitur produk, membuat blog, dan membuat informasi promosi dan alur penjualan produk.

2. Melalui Email 

Pemasaran email juga merupakan pilihan menarik untuk saluran pemasaran online. Karena hampir semua orang memeriksa emailnya setiap hari, cara ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan pangsa pasar Anda.

Untuk menerapkan metode ini, Anda perlu mempersiapkan langkah-langkah seperti menulis email profesional, membuat daftar email, dan membuat buletin. Email pemasaran tidak boleh dibuat secara acak. Jika Anda tidak membuatnya secara acak, email tersebut hanya akan diklasifikasikan sebagai spam dan konsumen tidak akan melihatnya.

3. Melalui Jejaring sosial

Jumlah pengguna media sosial pun semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Selain jumlah penggunanya yang banyak, media sosial juga efektif untuk pemasaran karena masyarakat sering mengetahui produk yang bisa dibeli melalui media sosial.

Media sosial juga menjadi platform yang baik untuk membangun hubungan baik dengan konsumen. Anda dapat menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, dan TikTok untuk pemasaran online.

4. Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Selain media sosial, konsumen juga sering mencari informasi produk melalui mesin pencari seperti Google. Search Engine Optimization (SEO) adalah cara agar website bisnis Anda muncul di halaman pertama pencarian Google.

Website yang berada di peringkat pertama Google pasti akan mendapatkan lebih banyak trafik dari pengguna dan berpotensi menghasilkan lebih banyak keuntungan. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan beberapa prinsip SEO untuk membantu website bisnis Anda muncul di halaman pertama pencarian Google.

5. Pemasaran Mesin Pencari (SEM)

Ketika SEO bekerja secara organik, ia menggunakan prinsip-prinsip tertentu untuk menjaga situs Anda tetap berada di halaman pertama. Search Engine Marketing (SEM), di sisi lain, adalah cara menggunakan Google Ads agar situs web Anda berada di halaman pertama.

Hasil yang didapat melalui SEM pasti lebih cepat dibandingkan menggunakan teknik SEO. Dengan membayar iklan, dijamin Anda akan muncul di halaman pertama pencarian Google.

6. Melalui Aplikasi seluler

Saat ini, pengguna terus-menerus menggunakan perangkat seluler mereka. Berkat itu, para pebisnis bisa membuat aplikasi mobile untuk memudahkan menjangkau pelanggannya.

7. Melalui Pemasaran afiliasi

Affiliate marketing adalah strategi promosi yang menawarkan komisi kepada afiliasi yang berhasil melakukan penjualan melalui link tertentu. Cara ini merupakan cara efektif untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

Cara ini menguntungkan semua pihak. Dari sudut pandang bisnis, perusahaan mendapatkan keuntungan dari peningkatan penjualan, dan afiliasi juga menerima komisi dari penjualan yang berhasil.

8 . Melalui Pemasaran Video

Menonton video online sudah menjadi kebiasaan sebagian besar pengguna internet. Oleh karena itu, banyak pengusaha yang memanfaatkan situasi ini dan melakukan pemasaran online menggunakan video.

Video yang bisa Anda buat antara lain video penjelasan, video merek, video acara, dan video lainnya. Cara ini dianggap sebagai sarana pemasaran online yang efektif.

9. Melalui Pemasaran Iklan 

Anda juga bisa mendapatkan uang dengan beriklan di berbagai platform. Ada banyak platform yang menawarkan layanan periklanan, antara lain iklan Instagram, iklan Facebook, iklan Google, dan iklan TikTok.

Selain itu, Anda juga bisa beriklan kepada orang-orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial (biasa disebut influencer). Jumlah follower yang banyak bisa dijadikan salah satu cara untuk mempromosikan produk Anda.

Keuntungan pemasaran Internet

Berikut beberapa keuntungan pemasaran online untuk bisnis Anda.

Mencakup wilayah yang lebih luas. Seperti disebutkan sebelumnya, jumlah pengguna Internet sudah besar dan jumlahnya akan terus bertambah. Oleh karena itu, pemasaran online memperluas cakupan bisnis Anda.

Jangkau audiens tertentu. Pemasaran internet memiliki banyak keuntungan yang memungkinkan Anda melakukan pemasaran yang lebih spesifik dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Misalnya, jika Anda menjual pakaian pria, Anda dapat menargetkan iklan hanya kepada pria.

Mengukur kinerja dengan mudah: Pemasaran online menyediakan data yang lebih lengkap dan akurat. Dengan cara ini, Anda dapat mengevaluasi kinerja berdasarkan data ini.

Keuntungan pemasaran online

Menurut Beritahu Pengunjung, pemasaran online memiliki 11 manfaat. Di bawah ini adalah daftarnya.


  1. biaya rendah
  2. Hasil dapat diukur
  3. Cakupan pasar yang lebih luas
  4. Membangun hubungan baik dengan pelanggan
  5. Ruang dan waktu tidak terbatas
  6. Membantu Anda mencapai perkiraan yang lebih baik
  7. Menargetkan pelanggan potensial secara efektif
  8. Jenis konten pemasarannya lebih beragam.
  9. Lebih mudah untuk meningkatkan kesadaran merek
  10. Promosi usaha ke posisi yang lebih tinggi di bidang pekerjaan serupa
  11. Tingkatkan pendapatan bisnis dengan tingkat konversi yang tinggi.

Sekarang Anda memahami pentingnya, saluran, fitur dan manfaat pemasaran online, kami berharap artikel ini akan membantu Anda mengelola pemasaran online Anda secara efektif.

0 Komentar