Puasa Ramadhan 2023 Tanggal Berapa?Ini menurut Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan Pemerintah


Berapa hari lagi puasa 2023? Ini menurut Muhammadiyah, Bukan Pemerintah Cara


Puasa Ramadan 1444H tinggal beberapa hari lagi. Menghitung hari, sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci.


Awal puasa Ramadhan diperkirakan jatuh pada 22 Maret 2023. Jika 1 Ramadhan 2023 jatuh pada 22 Maret 2023, maka bulan Ramadhan tinggal 5 hari lagi.


Seperti diketahui, pemerintah Indonesia telah menetapkan hari raya Idul Fitri 1444 H pada 22-23 April 2023 sebagai hari libur nasional. Kementerian Agama RI juga telah menerbitkan kalender Hijriah Islam tahun 2023.


Namun, kepastian kapan Ramadhan 1444H dimulai biasanya akan diputuskan langsung oleh pemerintah melalui Kementerian Agama RI saat rapat isbat.


Awal puasa Ramadhan 2023


Tahun ini umat Islam memasuki tahun 1444 H. Menjelang akhir tahun ada beberapa hari raya besar yang diperingati umat Islam sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, salah satunya adalah puasa di bulan Ramadhan.


Saat ini, hanya beberapa hari sebelum umat Islam menjalankan puasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya, orang sering menanyakan kapan Ramadhan 2023 dimulai.


Kalender Islam Hijriah yang diterbitkan pemerintah memperkirakan awal Ramadhan akan jatuh pada 22-23 Maret 2023.


Meski begitu, keputusan puasa tahun 2023 akan ditinjau kembali melalui majelis Isbat yang berlangsung di akhir bulan Syaban yang dimulai setelah Sholat Maghrib.


Dalam penanggalan Hijriah, urutan bulan sebelum Ramadhan adalah bulan Syaban, sehingga pertemuan isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 1444 H diperkirakan terjadi pada 29 Syaban 1444 H.


Begitu juga dalam menentukan 1 Syawal. Sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal biasanya akan dilakukan pada 29 Ramadhan 1444 H.


Menurut Muhammadiyah


Bulan Ramadhan 2023 menurut Muhammadiyah


Sebelum pemerintah mengumumkan hasil rapat Isbat untuk menentukan puasa 2020, Muhammadiyah biasanya mengumumkan Ramadhan pertama.


Muhammadiyah menganut sistem perhitungan astronomi dan matematis (hisab). Dalam keterangan Muhammad Sayuti, Sekretaris PP Muhammadiyah, awal Ramadhan 1444 H dimulai pada 23 Maret 2023.


PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis Pon tanggal 23 Maret 2023, kedua, 1 Syawal jatuh pada hari Jum'at Pahing, tanggal 21 April 2023, ketiga, 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada Undang-Undang Senin, 19 Juni 2023, ujarnya dalam jumpa pers yang disiarkan di kanal YouTube Muhammadiyah, 6 Februari lalu.


Selain menentukan kapan Ramadan 2023, ternyata Muhammadiyah juga menetapkan Idul Fitri dan Idul Adha. Dua hari besar itu masing-masing jatuh pada 21 April 2023 dan 28 Juni 2023.



Syamsul Anwar, Ketua Bidang Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, mengatakan pihaknya menentukan awal dan akhir bulan berdasarkan posisi, bukan hal-hal yang terlihat.

BACA JUGA : Inilah Jadwal Libur Awal Puasa 2023 untuk Anak Sekolah

Muhammadiyah menghitung awal bulan puasa 2023 dengan menganalisis syarat-syarat terjadinya ijtima (bulan berputar mengelilingi bumi dalam satu siklus sinodis). Syamsul menambahkan, babak sinode akan dilaksanakan pada 22 Maret 2023 pukul 00:25:41 WIB. Di mana, posisinya muncul menjelang matahari terbenam. Setelah dip, bulan masih berada di atas ufuk (belum terbenam).


Bulan Ramadhan 2023 Menurut Nahdatul Ulama


NU tidak menerbitkan keputusan terkait awal dan akhir Ramadhan, termasuk puasa tahun 2023. Organisasi ini selalu mengikuti keputusan pemerintah.


Setelah rapat Isbat berakhir, mereka baru membagikan surat edaran kepada pimpinan daerah hingga ke cabang-cabang. Menurut perhitungan Institut Falakiyah PBNU, ketinggian hilal cukup tinggi, yakni 8 derajat 00 menit 05 detik dari ufuk dengan elongasi 9 derajat 43 menit 10 detik.


Selain itu, Presiden Institut Falakiyah PBNU Sirril Wafa berharap umat Islam Indonesia dapat menjalankan puasa 2023 secara serentak.


“Kami sangat berharap bisa memulai Ramadan bersama-sama. Kami berharap hasil perhitungan Falakiyah kali ini akan terkonfirmasi dengan hasil observasi.” Ujarnya seperti dikutip dari NU Online.


Meski begitu, Wafa mengakui masih ada perbedaan potensial mengingat ketinggian hilal tidak memenuhi kriteria qathy rukyah, yakni lebih besar dari 3 derajat dengan elongasi 9,9 derajat. Namun perbedaan yang terjadi bukan karena kesalahan perhitungan. Namun perbedaan pemahaman hukum fikih.


Menurut Pemerintah RI


Sejauh ini, pemerintah belum menentukan kapan Ramadan 2023 dimulai. Namun biasanya Kementerian Agama akan mengumumkannya pada hari terakhir bulan Syaban sebelum waktu Isya.


Meski belum ada keterangan resmi, publik bisa memperkirakan kapan Ramadan 2023 melalui Kalender Hijriah Islam dari Kementerian Agama RI.


Di sana, Anda bisa melihat awal Ramadhan kemungkinan besar terjadi pada 22 atau 23 Maret 2023. Lalu, jika Ramadhan berlangsung selama 30 hari, berarti Idul Fitri (1 Syawal) akan jatuh pada 21 atau 22 April 2023.


Sebelumnya, berdasarkan perhitungan International Astronomical Union (Arab Union for Astronomy and Space Science/AUASS), Uni Emirat Arab menetapkan awal Ramadhan. Mereka mulai berpuasa pada 23 Maret.


Persyaratan pekerjaan wajib


Bagi umat Islam, berpuasa merupakan suatu kewajiban, sebagaimana dalam syarat-syarat wajib yang ditentukan dalam kitab fikih, sebagai berikut:


  • Muslim.
  • Suci dari Haid dan Nifas.
  • Baligh.
  • Berakal sehat.
  • Tidak sedang dalam perjalanan.
  • Sehat jasmani dan rohani.


Perintah berpuasa pada bulan Ramadhan juga tertuang dalam Al-Qur’ann surat Al-Baqarah ayat 183.


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


Ya ayyuhallazina amanu kutiba ‘alaikumus-siyamu kama kutiba ‘alallazina ming qablikum la’allakum tattaqun.


Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas Kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum Kamu agar Kamu bertakwa.


Bertekunlah beribadah di bulan Ramadhan, bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan ibadah kepada Allah. Pada bulan tersebut, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan memperbaiki diri.


Demikian informasi seputar Ramadhan 2023, kurang dari 1 minggu lagi kita sebagai umat Islam akan menyambut bulan Ramadhan yang penuh dengan keistimewaan dan keberkahan.


REKOMENDASI : 



0 Komentar